Pemkot Palembang dorong komunitas tebar benih ikan

id wawako, pemkot palembang, tebar benih ikan, ikan, tebar benih ikan di sungai, jaga ketersediaan ikan, produksi ikan,berita sumsel, berita palembang, a

Pemkot Palembang dorong komunitas  tebar benih ikan

Sejumlah pejabat dan perwakilan pelajar saat menebar 5.000 benih ikan di Sungai Kranji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (24-8-2018), dalam rangkaian kegiatan Festival Nyanyian Kali 1. (ANTARA/Sumarwoto/)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mendorong berbagai komunitas di kota setempat untuk melakukan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi.

"Kegiatan penebaran benih ikan yang dilakukan yang diikuti oleh berbagai instansi lainnya dan komunitas sangat positif dan perlu didorong lebih gencar lagi untuk menjaga ketersediaan ikan di sungai tersebut," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Kegiatan penebaran benih ikan terutama yang jenisnya tergolong langka pada tahun-tahun berikutnya diupayakan lebih gencar lagi sebagai upaya pencegahan dari kepunahan.

Dengan kegiatan penebaran benih ikan langka diharapkan beberapa jenis ikan di provinsi ini yang terancam punah bisa terus ada dan berkembang secara alami.

Selain sebagai upaya pelestarian sejumlah jenis ikan yang mulai jarang atau sulit ditemukan seperti ikan belida dan jelawat, kegiatan penebaran benih (restocking) dilakukan juga untuk merehabilitasi lingkungan perairan umum.

Beberapa waktu lalu, pihaknya melakukan penebaran benih ikan di Sungai Musi dan danau kompleks olahraga "Jakabaring Sport City" Palembang serta beberapa tempat lainnya.

"Benih ikan yang ditebar tersebut diharapkan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan harapan bersama sehingga warga kota ini bisa terus mengonsumsi ikan terutama beberapa jenis yang mulai jarang ditemukan di pasaran," ujar wawako.