Menteri Agama luncurkan Qu'ran terjemahaan bahasa Palembang

id Wagub

Menteri Agama luncurkan Qu'ran terjemahaan  bahasa Palembang

Wagub Sumsel Mawardi Yahya (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Menteri Agama Fachrul Razi resmi meluncurkan Al Quran terjemahan bahasa Palembang dan Sunda.

"Keberadaan Al Quran terjemahan bahasa Palembang tentu menjadi kebanggaan tersendiri khususnya bagi masyarakat Palembang dan umumnya bagi masyarakat Sumsel," kata Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Sumsel Ekowati Retnaningsih di Palembang, Sabtu.

Dengan adanya Al Quran terjemahan bahasa Palembang selain mudah dipahami, juga sebagai upaya untuk melestarikan bahasa daerah.

Jadi peluncuran Al-Quran terjemahan bahasa Palembang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat Palembang khususnya dan Sumsel umumnya.

"Ini sangat jelas bermanfaat bagi masyarakat Palembang, khusus Sumsel. Kita tentu bangga sekali, terbitnya Al-Quran terjemah bahasa Palembang," katanya.

Menurut dia, selain bangga tentu masyarakat yang membaca mudah memahami isi kandungan Al  Quran dan tentu sekaligus dapat melestarikan bahasa daerah.

"Orang Sumsel kan tersebar diberbagai daerah, tentu kalau baca dia pasti ingat tanah kelahirannya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan pembuatan Al Quran terjemah bahasa Palembang dan Sunda ini bertujuan untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak punah.

Al Quran sebagai petunjuk bagi orang bertaqwa selain itu juga berfungsi sebagai bimbingan kehidupan bagi manusia. Untuk itu dengan adanya terjemahan bahasa daerah diharapkan masyarakat dapat mudah memahami Al Quran," katanya.