DPM-PTSP Ogan Komering Ulu luncurkan aplikasi OSS

id Pemkab OKU luncurkan aplikasi OSS,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

DPM-PTSP Ogan Komering Ulu luncurkan  aplikasi OSS

Bupati OKU, Kuryana Azis meresmikan penerapan sistem perizinan aplikasi OSS di Kabupaten OKU. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan meluncurkan aplikasi sistem pelayanan perizinan elektronik Online Single Submission (OSS).

Kepala DPM-PTSP Ogan Komering Ulu (OKU), Hakim Makmun di Baturaja, Jumat mengemukakan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkait perizinan, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi OSS ini.

Dia menjelaskan, aplikasi OSS ini mulai diterapkan untuk memudahkan perizinan berusaha di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten OKU.

"Melalui aplikasi ini masyarakat dapat melakukan pengurusan perizinan dengan mengakses sistem OSS secara online di manapun dan kapanpun," jelasnya.

Dengan adanya aplikasi OSS ini, kata dia, seluruh pelaku usaha termasuk yang berada di luar Kabupaten OKU dapat mengurus surat izin usahanya melalui aplikasi OSS.

"Jadi tidak harus lagi datang ke Dinas Penanaman Modal PTSP OKU untuk mengurus izin usahanya," tegasnya.

Bupati OKU, Kuryana Azis menyampaikan bahwa aplikasi ini diluncurkan dalam rangka untuk mewujudkan pemerintahan yang good governance melalui peningkatan pelayanan publik di wilayah setempat.

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi sekarang ini semakin pesat sehingga pemerintah daerah setempat melalui DPM-PTSP OKU menerapkan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik agar memudahkan masyarakat dalam mengurus izin usahanya.

Dia berharap, pelaksanaan sistem ini diikuti dengan peningkatan kualitas dan kapasitas SDM agar lebih tanggap, lebih responsif dalam memberikan pelayanan terkait perizinan.

Sementara itu, Kasubbid Direktorat Pengendalian BKPM RI wilayah Sumatera Selatan, Ady Sugiharto saat peluncuran sistem OSS di Baturaja, Kamis (12/12) kemarin menyampaikan pelaksanaan penerapan aplikasi ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018.

Menurut Ady, penerapan aplikasi elektronik ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menciptakan pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat, murah dan memberi kepastian.

"Dengan sistem OSS, izin usaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar