Gubernur minta bupati perhatikan kesejahteraan para guru

id Gubernur,kesejahteraan guru

Gubernur minta bupati perhatikan  kesejahteraan para guru

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta kepada bupati dan wali kota untuk memerhatikan kesejahteraan para guru, terutama yang masih honorer.

"Honor guru di setiap daerah tidak bisa disamaratakan. Soalnya, setiap daerah memiliki tingkat kesejahteraan yang berbeda-beda," kata gubernur saat peringatan HUT ke-74 PGRI di Palembang, Kamis.

Ia menegaskan bahwa honor guru di beberapa daerah tidak bisa disamakan, karena honor sekian ratus ribu cukup untuk guru di kabupaten tertentu, namun belum tentu cukup untuk guru di kabupaten lain.

"Oleh karena itu kesejahteraannya yang harus diperjuangkan. Kesejahteraan guru harus utama. Wali kota maupun bupati akan terus diingatkan," ujarnya.

Sebab, ujar dia, kemajuan suatu bangsa dan negara tidak lepas dari peran guru yang dengan tulus memberikan ilmunya meskipun kesejahteraan guru itu sendiri belum sesuai dengan yang diharapkan.

"Saya tidak ingin ada guru yang akan terzalimi. Kesejahteraan guru, khususnya di Sumsel, akan kami perjuangkan. Saya merasakan apa yang dirasakan guru saat ini, karena ayah saya dulu juga seorang guru," katanya.

Disisi lain, gubernur juga meminta agar guru di Sumsel melek teknologi di tengah derasanya arus informasi dan teknologi (IT) di era globalisasi saat ini.

Karena, katanya, globalisasi dan keterbukaan informasi memiliki manfaat yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Serangan IT sangat deras. Guru-guru jangan sampai ketinggalan, harus update dengan perkembangan IT saat ini," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengingatkan, kemajuan IT saat ini tetap harus diwaspadai, sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

"Informasi tetap harus diwaspadai untuk menghindari hal-hal buruk. Intinya harus mempunya cara baik untuk membuat anak didik menjadi orang besar," kata gubernur.

Sementara Ketua PGRI Sumsel Ahmad Zulinto mengatakan, peningkatan kualitas dan kesejahteraan para guru juga perlu dilakukan pemerintah untuk menopang kegiatan belajar mengajar.

Dalam meningkatkan SDM nantinya, guru perlu diberikan berbagai pembelajaran, pengetahuan, pelatihan sehingga pengetahuannya juga meningkat, katanya.