Jaringan pipa gas rumah tangga di Ogan Komering Ulu segera dibangun

id Jaringan gas di OKU segera dibangun

Jaringan pipa gas rumah  tangga di Ogan Komering Ulu segera dibangun

Kepala Bappeda Ogan Komering Ulu (OKU), Gunawan Somad. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Jaringan pipa gas rumah tangga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, segera dibangun oleh pemerintah daerah setempat pada awal 2020 untuk membantu warga agar bisa lebih mudah mendapatkan gas dengan harga murah.

"Ya, pada awal tahun depan jaringan pipa gas rumah tangga di Kabupaten OKU mulai dibangun," kata Kepala Bappeda Ogan Komering Ulu (OKU), Gunawan Somad di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, untuk tahap awal pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga ini akan dibangun sepanjang 48 kilometer dari Desa Lunggayan, Kecamatan Lubuk Batang, sampai Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur.

Dalam pembangunan tahap awal ini pihaknya menargetkan sebanyak 5 ribu sambungan rumah tangga yang ada di wilayah itu akan menikmati layanan gas rumah tangga pada 2020 mendatang.

"Saat ini tahapan pembangunan di Kabupaten OKU sudah memasuki tahap tender untuk menentukan pihak ketiga yang nantinya akan membangun jaringan pipa gas rumah tangga tersebut," katanya.

Dia berharap, melalui program pemerintah ini masyarakat bisa menikmati layanan gas rumah tangga dengan biaya yang jauh lebih murah.

"Saat penyambungan pipa gas ke rumah warga nantinya tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis," katanya.

Selain biaya penyambungan gratis, lanjut dia, pemerintah pusat juga akan memberikan kompor gas gratis kepada 5 ribu pelanggan.

"Semuanya gratis, tetapi nanti warga yang sudah menjadi pelanggan akan dikenakan tarif per bulan oleh pemerintah pusat, namun biayanya murah dan sistem pembayarannya akan dilakukan sama seperti membayar rekening PLN atau PDAM," ungkapnya.

Dia berharap melalui pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga ini dapat membantu warga OKU agar bisa lebih mudah mendapatkan gas dengan harga murah dari pasaran.

"Pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga ini juga akan dilakukan terus selama beberapa tahun ke depan dan diharapkan pelayanannya bisa dirasakan seluruh masyarakat OKU khususnya yang tinggal di Kota Baturaja, Kecamatan Lubuk Raja serta Batumarta," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar