Disdukcapil Ogan Komering Ulu bagikan ribuan keping KIA

id Disdukcapil Ogan Komering Ulu, KIA,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Disdukcapil Ogan Komering Ulu bagikan ribuan  keping KIA

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU, Yanizi. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membagikan ribuan keping kartu identitas anak (KIA) kepada pelajar sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) di wilayah itu.

"Hingga saat ini tercatat ribuan keping KIA yang sudah kami distribusikan dari 4.000 keping target cetak tahun ini," kata Kepala Disdukcapil Ogan Komering Ulu (OKU), Ajahari melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Yanizi di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan, pembagian kartu identitas anak tersebut secara simbolis dilakukan pihaknya belum lama ini kepada puluhan pelajar SD Negeri 11 OKU.

"Dari 76 berkas usulan untuk pencetakan KIA di SD Negeri 11 OKU ini, tercatat ada 46 keping KIA yang kami bagikan pada Senin (9/12) lalu," katanya.

Menurut dia, distribusi KIA ini terus dilakukan pihaknya ke seluruh sekolah, mulai dari jenjang PAUD hingga SD di Kabupaten OKU agar seluruh siswa memiliki kartu identitas diri layaknya KTP-elektronik.

"Ada 5.000 keping KIA atau lebih dari target yang sudah selesai dicetak. Kami targetkan akan dibagikan seluruhnya pada tahun ini ke ke seluruh sekolah di OKU," katanya.

Dia menjelaskan, secara umum KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP, antara lain dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum dan untuk mencegah terjadinya perdagangan anak.

Kartu ini juga, kata dia, dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu anak mengalami peristiwa buruk

"Selain itu, KIA ini juga memudahkan anak untuk mendapat pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi, ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar