Pemprov Sumsel minta masyarakat waspada bencana longsor

id longsor,BPBD Sumsel,bencana,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemprov Sumsel minta masyarakat  waspada bencana longsor

Kondisi jalan longsor yang berada di Desa Ulak Dabuk, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, Kamis (14/3). (FOTO ANTARA/Rodi Hartono/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama pengendara kendaraan bermotor untuk selalu berhati - hati akan bencana longsor saat memasuki musim penghujan sekarang ini.

"Ada beberapa daerah yang rawan longsor terutama di wilayah dataran tinggi di Sumatera Selatan sehingga harus selalu berhati-hati," kata Kepala BPBD Sumsel Iriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan daerah yang dikategorikan rawan longsor itu antara lain Pagaralam, Muara Enim, Lintang Empat Lawang dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Bahkan, lanjut dia, setiap musim penghujan Sumsel sering terjadi tanah longsor sehingga harus selalu waspada akan bencana tersebut.

Bukan itu saja tetapi saat musim penghujan Sumsel juga rawan banjir terutama di wilayah pinggiran sungai sehingga kewaspadaan selalu ditingkatkan.

Ia menjelaskan dalam upaya mengantisipasi bila terjadi bencana pihaknya selalu berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota di Sumsel.

Apalagi pada daerah rawan bencana sehingga koordinasi rutin dilaksanakan pihaknya.

Selain itu juga menyiapkan peralatan yang ada seperti alat berat, perahu karet dan pesonel dari BPD itu sendiri.

Begitu juga petugas selalu siaga dalam mengantisipasi bila terjadi bencana di provinsi tersebut.

Kewaspadaan penting agar bila terjadi bencana yang tidak diinginkan dapat segera diantisipasi, demikian Iriansyah.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar