Dinas Ketahanan Pangan Ogan Komering Ulu bentuk Toko Tani Indonesia

id Ogan Komering Ulu miliki Toko Tani Indonesia,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Dinas Ketahanan  Pangan Ogan Komering Ulu bentuk Toko Tani Indonesia

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ogan Komering Ulu (OKU), Supriono. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membentuk Toko Tani Indonesia yang menyediakan beberapa produk kebutuhan pangan hasil pertanian yang dijual dengan harga terjangkau bagi masyarakat di wilayah itu.

"Sebenarnya Toko Tani Indonesia (TTI) ini sudah cukup lama dibentuk di Ogan Komering Ulu  hanya tinggal peresmian gedungnya saja," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ogan Komering Ulu Supriono melalui Kabid Distribusi dan Cadangan, Karolina di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, produk yang tersedia di TTI yang terletak di samping Kantor DKP Ogan Komering Ulu tersebut antara lain beras, gula pasir, tepung terigu dan daging sapi beku.

"Terkait harga jual seluruh produk di TTI ini lebih murah dari harga pasaran," katanya.

Dia menjelaskan, hampir seluruh produk yang tersedia di toko tani ini disuplai oleh produsen dan petani sehingga dapat memangkas rantai distribusi penjualan hasil pertanian di wilayah itu.

"Karena selama ini hasil pertanian di Ogan Komering Ulu sebagian besar didistribusikan oleh petani ke luar daerah karena tidak ada gudang penyimpanan untuk menampungnya sehingga menambah biaya produk," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya menjalin kerjasama dengan lima Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah setempat untuk menyuplai kebutuhan pangan guna dipasarkan di TTI tersebut.

Dengan adanya TTI di OKU ini, ia berharap dapat membantu petani di wilayah setempat dalam menjual hasil pertanian guna dipasaran melalui toko tersebut dengan harga terjangkau.

"Intinya, TTI ini tidak hanya membantu masyarakat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, namun juga para petani dapat terbantu dalam memasarkan produk hasil pertanian," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar