BPBD OKU Timur siaga bencana pancaroba

id Bpbd ogan komering ulu timur,Siaga bencana

BPBD OKU Timur siaga bencana  pancaroba

Ilustrasi Logo Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indonesia. ANTARA/HO-Aspri

Martapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan siaga bencana musim pancaroba seperti banjir dan angin puting beliung.

"Mengingat intensitas hujan sejak beberapa pekan terakhir cukup tinggi sehingga perlu diwaspadai terjadinya banjir dan angin puting beliung," kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu Timur, Habibullah di Martapura, Minggu.

Menurut dia, pihaknya juga telah menempatkan sejumlah personel di kawasan titik rawan bencana alam agar cepat ditanggulangi jika terjadi banjir dan angin puting beliung.

"Seperti belum lama ini meskipun tidak ada korban, namun ada beberapa kawasan di OKU Timur yang terdampak banjir dan angin puting beliung sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi adanya korban jiwa akibat bencana alam tersebut," tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan bantuan logistik seperti beras dan mie instan guna membantu korban bencana alam.

Selain logistik, kata dia, BPBD setempat juga menyiapkan peralatan evakuasi korban bencana berupa dua perahu karet.

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD OKU Timur juga sudah kami siagakan guna menanggulangi bencana alam sedini mungkin," kata dia.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang dapat terjadi kapan saja.

"Karena kita tidak pernah tahu kapan bencana itu akan datang. Oleh sebab itu, masyarakat harus selalu waspada dan segera melapor jika terjadi bencana alam di wilayah masing-masing," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar