Dinas PPPA OKU gelar advokasi dan pembinaan puskesmas ramah anak

id kabupaten layak anak,puskesmas,Ogan Komering Ulu (OKU),sumsel

Dinas PPPA OKU gelar advokasi  dan pembinaan puskesmas ramah anak

Dinas PPPA Kabupaten OKU, Sumsel menggelar kegiatan mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar kegiatan advokasi dan pembinaan puskesmas ramah anak guna mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di wilayah setempat.



"Advokasi dan pembinaan ini merupakan salah satu indikator dalam pemenuhan KLA sehingga perlu dilaksanakan," kata Kepala Dinas PPPA Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Arman di Baturaja, Jumat.



Dia mengemukakan, kegiatan yang diikuti puluhan peserta mulai dari kepala hingga staf seluruh puskesmas di Kabupaten OKU ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah setempat dalam memenuhi kebutuhan hak anak guna mewujudkan Kabupaten OKU sebagai KLA.



"Sebab, untuk mewujudkan KLA ini salah satu indikatornya harus memiliki Puskesmas ramah anak," katanya.



Dia menjelaskan, puskesmas ramah anak ini salah satunya memiliki taman bermain anak dan juga tersedianya layanan kesehatan yang ramah anak bagi anak-anak di wilayah setempat.



Menurut dia, setiap anak berhak mendapat pelayanan kesehatan yang baik untuk meningkatkan tumbuh kembang mereka secara optimal.



Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah daerah setempat melalui Dinas PPPA OKU fokus terhadap kebutuhan anak seperti penyediaan sarana dan prasarana umum yang layak untuk anak.



"Melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh Puskesmas menerapkan pelayanan kesehatan yang layak anak. Mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat memenuhi satu indikator dalam mewujudkan kabupaten layak anak," demikian Arman.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar