Menteri Edhy dukung inovasi digital perikanan melalui Digifish 2019

id Edhy prabowo, digifish 2019, menteri kelautan dan perikanan, inovasi digital perikanan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemban

Menteri Edhy dukung inovasi digital perikanan melalui Digifish  2019

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam pembukaan Digifish 2019 di Jakarta, Selasa (3/12/2019). (ANTARA/Ade Irma Junida)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mendukung inovasi digital di bidang perikanan melalui gelaran Digifish 2019 di Jakarta, Selasa.

"Saya menyambut baik acara ini yang merupakan terobosan. Maka ini harus kita dorong. Saya yakin ini tantangan kita semua, termasuk KKP, atas solusi tercepat dalam membangun sektor perikanan," katanya.

Edhy berharap kegiatan yang mempertemukan pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem pengembangan sektor perikanan itu jadi jawaban untuk mendorong inovasi baru.

"mudah-mudahan hari ini anak muda kita bisa temukan solusi. Kami siap membangun industri perikanan Indonesia baik budidaya dan tangkap, dengan berkelanjutan. Kami siap jadi mitra, pembina, pelayan dan pengasuh," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto mengatakan sudah saatnya bidang akukultur masuk ke era 4.0.

"Kami siap memfasilitasi anak-anak muda ini untuk membangun akukultur ke depan," imbuhnya.

Digifish kembali digelar untuk kedua kalinya sejak pertama kali digelar tahun lalu. Kegiatan itu digelar untuk memperkuat dan mengembangkan ekosistem inivasi digital untuk mengembangkan sektor perikanan dan akuakultur di Indonesia.

CEO Minapoli Rully Setya Purnama yang juga bertindak sebagai penyelenggara kegiatan menjelaskan Digifish 2019 semakin berkembang dari tahun lalu karena mempertemukan enam komponen pendukung, yakni pelaku, pengguna atau industri, regulator, perguruan tinggi, akselerator serta investor.

"Memang tujuannya adalah untuk membentuk ekosistem supaya inovasi digital bisa digunakan industri dan mencari solusi atas tantangan di bidang perikanan," katanya.

Gelaran Digifish 2019 bertajuk "Incubating Ecosystem of Digital Innovation" digelar atas kerja sama Minapoli, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Acara ini dihadiri pembudidaya produk perikanan sebagai pengguna inovasi; startup sebagai pelaku inovasi; pemasok sarana dan prasarana produksi perikanan; hingga asosiasi perikanan serta akselerator yang berasal dari Norwegia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar