Istana jelaskan ASN harus sederhanakan proses kerja

id penyederhanaan birokrasi, penghilangan eselon 3 dan 4, Aparatur sipil negara, fadjroel rachman, juru bicara presiden, Pr,berita sumsel, berita palemba

Istana jelaskan  ASN harus sederhanakan proses kerja

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. ANTARA/Bayu Prasetyo

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menjelaskan Presiden Joko Widodo meminta aparatur sipil negara (ASN) harus dapat menyederhanakan proses kerja dalam melayani masyarakat.

"Aparatur Sipil Negara harus berpikiran terbuka, terus melakukan inovasi, dan menyederhanakan proses kerja," kata Fadjroel dalam pesan pendek diterima ANTARA di Jakarta pada Jumat.

Ia menyatakan, Jokowi terus menekankan agar ASN meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat, tata kelola birokrasi, dan menjaga akuntabilitas.

Dengan pelayanan yang lebih baik, maka masyarakat dapat merasakan kehadiran negara ataupun pemerintah.

"Presiden Jokowi terus membangun optimisme, termasuk di lingkungan ASN, sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan kehadiran negara melalui pelayanan yang diberikan oleh para ASN di mana pun mereka bekerja," ujar Rachman.

Sebelumnya pada saat menyampaikan sambutan dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Hotel Rafles, Jakarta pada Kamis malam (28/11/2019), Jokowi menyampaikan beberapa upaya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, salah satunya penyederhanaan birokrasi.

Penyederhanaan yang dimaksud yakni jabatan eselon 3 dan eselon 4 yang dihilangkan dari institusi ASN mulai 2020.

"Ini tidak akan mengganggu 'income', atau gaji, atau menurunkan pendapatan eselon," kata Jokowi.

Hal itu bertujuan untuk memunculkan kecepatan dalam pengambilan keputusan sehingga pelayanan bagi masyarakat dan dunia investasi semakin cepat.

"Saya sudah bicara dengan banyak jago-jago TI, kalau bisa diganti AI. Sehingga muncul sebuah kecepatan, sebuah perubahan, budaya kerja yang baru," kata dia.