Gubernur Sumsel ajak Kapolda baru cegah Karhutla

id Gubernur,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel ajak Kapolda baru cegah  Karhutla

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengajak Kapolda Sumsel yang baru dilantik Irjen Pol Priyo Widyanto untuk mencegah agar di daerah ini tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sumsel rawan kebakaran hutan dan lahan sehingga harus dicegah, kata Gubernur usai menerima Kapolda Sumsel di Palembang, Kamis.

Untuk itu dia meminta Kapolda untuk aktif melibatkan aparatnya di daerah hingga pelosok desa untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Ajak dan sosialisasikan kepada masyarakat agar menghindari aktifitas pembakaran saat membuka lahan pertanian. Jangan membuka lahan dengan cara membakar karena itu sangat berbahaya," kata Gubernur.

Dalam pertemuan tersebut Herman Deru memaparkan secara rinci kondisi wilayah Sumsel yang luasnya mencapai 91.592 km persegi yang terbagi atas 17 kabupaten dan kota yang didiami banyak suku dan adat istiadat.

Namun meskipun demikian Provinsi Sumsel tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

“Alhamdulillah di Sumsel ini tidak pernah terjadi konflik. Walaupun orang Sumsel dikenal dengan temperamennya yang keras, tetapi sejauh ini tetap aman dan kondusif terbebas dari berbagai macam konflik, baik antar suku maupun antar agama,” katanya.

Gubernur juga menjelaskan, selama ini sejumlah ruas jalan di Sumsel kerap terjadi kemacetan dampak dari lalu lintas angkutan batu bara.

Namun hal tersebut saat ini sudah teratasi dengan dijalankannya Perda Nomor 5 Tahun 2011 dan Pergub Nomor 74 Tahun 2018 tentang Larangan Pengangkutan Batu Bara Melalui Jalan Umum.

Mobil angkutan batu bara dij alan umum sudah ditutup pak Kapolda. Kenapa? Karena itu membuat resah masyarakat dampaknya banyak mengakibatkan kemecetan yang begitu parah dimulai dari Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim, Indralaya hingga Kota Palembang, ujar Herman Deru.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang telah banyak memberikan bantuan dan perhatian kepada jajaran Polda Sumsel.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur, atas perhatiannya kepada pihak kepolisian berupa bantuan sarana dan prasaran penunjang aparat kepolisian dalam menjalankan tugas," tambah Kapolda.