Musi Banyuasin luncurkan layanan kesehatan 24 jam

id musi banyuasin,kesehatan,layanan,publik

Musi Banyuasin luncurkan layanan kesehatan  24 jam

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza menekan tombol menandakan beroperasinya layanan publik PSC 112 di Sekayu, Rabu (27/11/2019). (ANTARA/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin meluncurkan program layanan kesehatan siaga 24 jam yang dapat menjemput pasien dalam kondisi darurat agar segera mengakses pelayanan Unit Gawat Darurat di rumah sakit.

Bupati Musi Banyuasin di Sekayu, Rabu, mengatakan, layanan ini dapat beroperasi 24 jam karena memiliki pusat layanan Public Safety Center (PSC) 112.

“Ini upaya pemerintah mengatasi permasalahan di masyarakat untuk mendapatkan pelayanan secara langsung dalam kondisi gawat darurat. Kami menerapkan sistem jemput bola,” kata dia.

Ia mengatakan pemerintah sebagai pelayan masyarakat harus menemukan inovasi baru agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses setiap layanan publik.

Kasus-kasus yang dapat ditangani seperti kegawatdaruratan kebidanan, kecelakaan lalu lintas, menurut Dodi, sudah sepatuTnya mendapatkan pelayanan yang cepat.

“Terkadang masyarakat kesulitan untuk mencapai rumah sakit karena tidak memiliki kendaraan. Di sinilah peran pemerintah,” kata Dodi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin Azmi Dariusmansyah mengatakan sistem ini dapat digunakan dengan dua cara yakni dengan mengunduh aplikasi di playstore PSC 112 atau menghubungi secara langsung nomor telepon 08123000119.

“Nanti bisa langsung terhubung ke pusat kendali 112 milik Pemkab Muba,” kata dia.*