Puluhan desa di Ogan Komering Ulu gelar Pilkades serentak

id Desa di OKU gelar Pilkades serentak

Puluhan desa di Ogan Komering Ulu  gelar Pilkades serentak

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Firdaus. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Puluhan desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2020 mendatang.

"Ada 74 desa di Kabupaten OKU yang segera melaksanakan Pilkades serentak yang akan digelar awal tahun depan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Firdaus didampingi Kasi Administrasi Pemerintahan Desa, Iqbal Ramadhan di Baturaja, Rabu.

Dia menyampaikan, dalam Pilkades serentak nanti setiap desa paling sedikit atau minimal diikuti dua calon kades dan maksimal lima orang yang mengikuti proses pemilihan tersebut.

"Untuk Pilkades serentak saat ini sudah memasuki penyusunan rencana anggaran biaya oleh panitia pemilihan desa. Setelah itu, anggaran biaya tersebut disampaikan kepada Pemkab OKU," katanya.

Dia mengatakan, hal tersebut diatur dalam Permendagri Nomor 112 tahun 2014 sebagaimana diubah melalui Pemendagri Nomor 65 tahun 2017.

Dalam Permendagri tersebut, kata dia, disebutkan calon kades minimal dua orang dan maksimal lima orang.

Selanjutnya, bagi desa yang calonnya lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi tambahan oleh panitia kabupaten.

"Sebaliknya bagi desa yang calonnya kurang dari dua calon, maka bisa diperpanjang masa pendaftarannya," kata Iqbal.

Pada seleksi tambahan bagi desa yang calonnya lebih dari lima orang tersebut, lanjut dia, nantinya akan menggunakan beberapa krateria seperti pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan persyaratan lainnya sesuai ketetapan.

"Seleksi tambahan ini untuk menentukan lima orang calon," tegasnya.***2***