Walikota Palembag ajak kader lingkungan cegah banjir

id cegah banjir,pemkot palembang,gotong royong

Walikota Palembag ajak  kader lingkungan cegah banjir

Jalan Pengasinan Raya, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat lumpuh akibat diterjang banjir pada Minggu (28/04/2019) lalu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

Palembang (ANTARA) - Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan Harnojoyo mengajak kader lingkungan setempat bergotong royong membersihkan sungai dan anak Sungai Musi serta saluran air untuk mencegah terjadinya banjir pada musim hujan yang mulai terjadi pada November.  

"Musim hujan yang mulai terjadi November ini perlu diwaspadai dengan melakukan berbagai tindakan antisipasi sehingga dapat dicegah atau paling tidak diminimalkan banjir," kata Harnojoyo di Palembang, Rabu.

Kegiatan gotong royong yang telah dilakukan jajaran Pemkot Palembang bersama warga pada setiap akhir pekan dalam beberapa tahun terakhir, pada musim hujan sekarang ini diupayakan lebih gencar lagi.



Melalui gotong royong semua pekerjaan bisa dilakukan dengan ringan dan permasalahan sampah yang mengotori sungai, lingkungan tempat tinggal, perkantoran dan tempat lainnya, serta menyumbat saluran air dapat diatasi dengan baik, katanya.

Kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang dalam beberapa tahun terakhir sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

"Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong-royong, jajaran Pemkot Palembang setiap Minggu pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya," ujarnya.

Kegiatan bersama membersihkan sungai, kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan tempat lainnya itu, bermanfaat untuk menjadikan kawasan tersebut bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan keterlibatan kader lingkungan dalam aksi gotong-royong, pembersihan saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk diharapkan bisa lebih maskimal, sehingga tidak ada lagi sampah dan rumput liar yang menyumbat aliran air yang menjadi salah satu penyebab banjir saat hujan lebat turun, kata wali kota.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar