Musi Banyuasin juara umum Porprov Sumsel XII

id Muba juara umum porporv, porprov sumsel xii, koni sumsel, hasil porprov sumsel,Porprov Prabumulih

Musi Banyuasin juara umum  Porprov Sumsel XII

Trofi bergilir juara umum Porprov Sumsel dari Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya (kanan) diterima Wakil Bupati Muba, Beni Hernadi (kiri), di Kota Prabumulih, Selasa malam (26/11) (ANTARA/Aziz Munajar/HO/19)

Palembang (ANTARA) - Kontingen Kabupaten Musi Banyuasin keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan XII setelah berhasil meraih 126 medali emas sekaligus mematahkan dominasi Kota Palembang di ajang dua tahunan tersebut.

Muba menerima trofi bergilir juara umum dari Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya dan diterima Wakil Bupati Muba, Beni Hernadi, selasa malam di Kota Prabumulih yang bertindak selaku tuan rumah Porprov Sumsel XII.

"Selamat kepada Muba sebagai juara umum, sebuah capaian luar biasa, bagi kabupaten/kota lain coba lagi pada Porprov XIII di OKU Raya," ujar Mawardi saat menyerahkan trofi.

Ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas kerja semua pihak yang telah menyukseskan kompetisi olahraga lokal tertinggi di Sumsel tersebut, setidaknya 30 cabang olahraga sudah dipertandingkan selama 16-26 November 2019 dengan melibatkan 5.652 atlet dari 17 kabupaten/kota.

Ia menilai penyelenggaraan Porprov XII di Prabumulih cukup baik, namun ia berharap tuan rumah selanjutnya yang melibatkan tiga kabupaten sekaligus yakni Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan dan OKU Timur agar lebih baik penyelenggaraannya pada 2021.

"Saya minta persiapan Porprov OKU Raya 2021 harus dimulai dari sekarang," tegas Mawardi.

Muba yang sejak hari pertama sudah memimpin klasmeen juga mencatatkan sejarah karena menjadi juara umum dengan mematahkan dominasi Kota Palembang yang merengkuh 10 kali juara umum dari 12 kali penyelenggaraan.

"Selama ini Muba selalu di bawah Palembang, kali ini Muba bisa juara umum di atas Palembang," kata Bupati Muba, Dodi Reza, terpisah.

Menurut dia pembinaan dan dukungan berbagai pihak terutama KONI menjadi kunci keberhasilan Muba meraih juara umum Porprov XII, ia bertekad akan terus membina atletnya hingga bisa berprestasi pada level nasional dan internasional.

Berdasarkan klasemen akhir Poprov Sumsel XII, Muba meraih 289 medali, terdiri atas 126 medali emas, 68 perak dan 95 perunggu.

Sedangkan peringkat dua diduduki Kota Palembang mencatatkan 250 medali, yakni 75 emas, 83 medali perak dan 82 perunggu.

Selain itu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang tergolong daerah otonomi baru berhasil membuat kejutan dengan menduduki posisi ketiga lewat raihan 99 medali, terdiri dari 33 emas, 31 perak dan 35 perunggu.

Sementara nasib naas dialami Kabupaten Musi Rawas Utara yang hanya mampu meraih satu medali perunggu dari total 1449 medali yang ada.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar