Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu gelar berbagai lomba peringati HKN

id Dinkes OKU peringati HKN 2019

Dinas Kesehatan  Ogan Komering Ulu gelar berbagai lomba peringati HKN

Kepala Dinas Kesehatan OKU, Husni Thamrin. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan peringatan ke 55 tahun Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan, Lukman Hakim di Baturaja, Selasa menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar di halaman Kantor Dinkes setempat diisi dengan berbagai perlombaan antara lain senam peregangan kreasi, makan kerupuk, gaple dan lomba lainnya dalam rangka memeriahkan peringatan HKN tahun 2019.

"Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan HKN. Puncak kegiatannya akan dilaksanakan besok (27/11) dengan melaksanakan upacara di halaman Kantor Dinkes OKU," katanya.

Dia mengemukakan, kegiatan ini diikuti oleh peserta dari seluruh Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan, klinik kesehatan dan rumah sakit di Kabupaten OKU.

"Untuk senam diikuti oleh 28 peserta dan gaplek 25 pasang," ungkapnya.

Dia menjelaskan, kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka HKN ini dilaksanakan bertujuan untuk mempublikasikan ke masyarakat pentingnya kesehatan.

"Salah satunya dengan gerakan senam peregangan yang kami laksanakan tadi. Peregangan itu merupakan gerakan yang selalu dilakukan dalam kegiatan sehari-hari," jelasnya.

Selain aktifitas fisik tersebut, lanjut dia, rutin mengkonsumsi buah dan sayuran serta pemeriksaan kesehatan secara berkala juga dianjurkan bagi seluruh masyarakat guna mencegah penyebaran penyakit menular ataupun tidak menular.

"Oleh sebab itu, dalam kegiatan ini kami juga menggelar cek kesehatan gratis yang disediakan bagi bagi seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten OKU," ujarnya.