Dinkes Ogan Komering Ulu gelar berbagai kegiatan Gebyar Germas

id germas

Dinkes Ogan Komering Ulu  gelar berbagai kegiatan Gebyar Germas

Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Afua Amuri. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggelar berbagai kegiatan berkaitan dengan kesehatan dalam Gebyar Germas yang akan dilaksanakan pada akhir November 2019.

"Rencananya Gebyar Germas di Kabupaten OKU akan dilaksanakan pada akhir November 2019," kata Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes OKU, Deddy Wijaya melalui Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Afua Amuri di Baturaja, Sabtu.

Dia mengemukakan, dalam Gebyar Germas tahun 2019 ini pihaknya menggelar berbagai kegiatan berkaitan dengan produk kesehatan seperti lomba senam, kreasi, cek gula darah, tensi berat badan dan tinggi badan guna mengukur indeks tubuh manusia.

"Kegiatan ini akan dipusatkan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU melibatkan seluruh petugas Puskesmas di 13 kecamatan serta lintas sektor kesehatan di wilayah setempat," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, tambah dia pihaknya akan mendirikan sejumlah stan yang berisi alat kecantikan dan produk berkaitan dengan kesehatan seperti jamu serta pameran sayur dan buah.

Dia menjelaskan, tujuan Gebyar Germas ini untuk mendorong masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat supaya terhindar dari penyakit menular dan tidak menular.

"Intinya Gebyar Germas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat guna menurunkan faktor resiko utama penyakit menular dan tidak menular,"lanjutnya.

Untuk menurunkan faktor resiko penyakit menular dan tidak menular ini, menurutnya dapat dilakukan dengan meningkatkan aktifitas teratur seperti olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari.

"Selain itu masyarakat juga kami sarankan agar rutin melakukan pemeriksaan deteksi dini penyakit di tempat pelayanan kesehatan minimal enam bulan sekali, terutama tekanan dan kadar gula darah," terangnya.