BPDAS dan Hutan Lindung Musi bagikan 5.000 bibit tanaman ke warga

id pembagian bibit tanaman,penghijauan sumatera selatan,BP DAS dan Hutan Lindung

BPDAS dan Hutan Lindung Musi bagikan 5.000 bibit tanaman ke warga

Ketua Tim PKK Febrita Lustia memberikan bibit pohon ke masyarakat di Palembang, Kamis (21/11/2019). (ANTARA/HO)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BP DAS dan Hutan Lindung) Musi membagikan 5.000 bibit tanaman kepada warga bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan organisasi perempuan setempat.

"Total 5.000 bibit produktif yang dapat menghasilkan buah sudah kami bagikan ke lima kelurahan di Kecamatan Gandus. Jadi silakan tanam masing-masing dan dijaga sehingga bisa mencegah banjir," kata Kepala BP DAS dan Hutan Lindung Musi Siswo di Palembang, Kamis.

BP DAS dan Hutan Lindung Musi membagikan bibit tanaman ke Kelurahan Pulokerto (2.000 bibit), Kelurahan Gandus (1.500 bibit), Kelurahan Karangjaya (500 bibit), Kelurahan Karanganyar (500 bibit), dan Kelurahan 36 Ilir (500 bibit).

Siswo menjelaskan BP DAS dan Hutan Lindung menggandeng organisasi perempuan dalam pembagian dan penanaman bibit tanaman untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut kami ajak setiap masyarakat menanam pohon sebanyak 25 buah seumur hidupnya. Setiap tahun kami sediakan 200 ribu bibit pohon untuk ditanam masyarakat boleh ambil dan ditanam sendiri," kata dia.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Selatan Febrita Lustia menanam 30 bibit tanaman di halaman SDN 151 Palembang pada kegiatan penanaman pohon yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GN PDAS) tersebut. Bibit pohon yang ditanam merupakan bibit pohon buah seperti sawo, mangga, kelengkeng, dan rambutan.

“Sembari menanam untuk pelestarian alam, buahnya juga dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi,” katanya.


 
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar