Pemkot Palembang upayakan sumber air baru PDAM

id pdam tirta musi,sumber air PDAM Palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemkot Palembang upayakan sumber air baru  PDAM

Instalasi pengelolaan air PDAM Tirta Musi (ANTARA)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengupayakan sumber air yang baru bagi PDAM Tirta Musi yang selama ini mengandalkan pasokan air bakunya dari Sungai Musi.

Sumber air baru diupayakan dengan membangun waduk di sekitar lokasi pengolahan air bersih PDAM sehingga jika pasokan air baku dari Sungai Musi terganggu seperti pada musim kemarau debit airnya turun dapat dipenuhi dari sumber alternatif tersebut, kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu.

Untuk membangun waduk sumber air baku alternatif PDAM Tirta Musi itu, sedang disiapkan program pembangunannya dan diharapkan bisa segera direalisasikan sesuai dengan target yang diharapkan pada 2022.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya melakukan pembenahan pelayanan air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi.

Pembenahan itu perlu terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas air bersih dan jumlah masyarakat yang menikmati pelayanan air bersih dari perusahaan milik pemkot itu.

Jangkauan pelayanan PDAM Tirta Musi di kota yang berpenduduk di atas satu juta jiwa itu sekarang ini 90 persen lebih.

Dengan terus melakukan peningkatan pelayanan dalam beberapa tahun ke depan diupayakan mencapai 100 persen warga Bumi Sriwijaya itu terlayani kebutuhan air bersihnya.

Pembenahan yang dilakukan untuk mencapai peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dilakukan melalui optimalisasi kegiatan pembangunan yang dapat meningkatkan kualitas dan produksi air bersih.

"Selain itu menjalankan program perluasan kawasan sasaran pemasangan sambungan baru hingga di daerah perbatasan Kota Palembang dengan kabupaten terdekat seperti Banyuasin dan Ogan Ilir," ujarnya.

Pelayanan air bersih di Kota Palembang merupakan salah satu program prioritas yang diupayakan pihaknya untuk terus ditingkatkan jangkauan dan kualitasnya.

Untuk meningkatkan pelayanan tersebut, diharapkan dukungan dari semua lapisan warga kota ini yang telah menikmati air bersih untuk memenuhi kewajibannya membayar tagihan pemakaian air tepat waktu sesuai dengan ketentuan.

Selain itu diharapkan membantu memelihara instalasi air bersih yang ada di kawasan permukiman dan membantu melakukan pengawasan dari aksi perusakan dan pencurian air bersih, kata wawako.