Gubernur minta Sumsel jadi sentra penghasil ikan

id Gubernur,sentra ikan,penghasil ikan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur minta Sumsel jadi  sentra penghasil ikan

Gubernur Sumsel Herman Deru (Antara)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengharapkan daerah ini bukan saja menjadi lumbung pangan nasional namun juga dapat menjadi sentra penghasil ikan terbesar.

"Untuk itu Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diharapkan dapat mengembalikan citra Sumsel sebagai daerah penghasil aneka ragam ikan lokal," kata Gubernur Deru di Palembang, Rabu.

Sehubungan itu Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan KKP untuk mengadakan kerja sama dan koordinasi dengan dinas perikanan provinsi, kabupaten dan kota dalam hal sosialisasi budidaya ikan.

Selain itu juga sosialisasikan cara penangkapan ikan yang ramah lingkungan pada masyarakat tanpa merusak ekosistem.

Memang, lanjut gubernur, untuk menjaga ekosistem perikanan masyarakat butuh informasi yang benar agar antara populasi dengan penangkapan seimbang.

Bukan itu saja Sumsel akan lebih baik lagi dimana sebagai penghasil ikan air tawar lokal sekaligus bisa surplus.

Apalagi Sumsel terkenal dengan perairan yang luas sehingga budi daya ikan sangat menungkinkan dalam meningkatkan produksi.

Sementara Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan KKP, Arif Wibowo mengatakan, sejauh ini Provinsi Sumsel telah menjadi rujukan nasional bahkan internasional untuk budidaya perikanan umum terkait komitmen 10 negara plus 1 untuk pembangunan perikanan umum.

Menurut dia, tugas Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan KKP yakni menjalakankan mandat mengelola perairan umum.

"Tugas kami diantaranya bagaimana mengetahui estimasi potensi perikanan umum, contohnya suaka perikanan untuk pengelolaan perikanan umum,” paparanya.

Bahkan, lanjut dia, tahun depan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan KKP akan membangun suaka ikan yang dipusatkan di Science Technology Centre (STC) seluas 50 hektar dengan nilai pembangunan 2,5 milyar.

Bukan itu saja tetapi Sumsel akan dijadikan rujukan jalur pembangunan ikan (fish way) yang dipusatkan di wilayah Komering, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya minta gubernur untuk hadir pada peringatan Hari Peduli Perikanan Perairan Umum Daratan pada 12 Desember 2019.