PMI Sumsel pastikan stok darah cukup

id Darah,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

PMI Sumsel pastikan  stok darah cukup

Ketua PMI Sumsel (Dok.Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Selatan (Sumsel) Febrita Lustia Herman Deru mengatakan PMI Sumsel saat ini fokus pada Unit Donor Darah (UDD) untuk memastikan stok darah selalu cukup.

Saat ini PMI Sumsel fokus mengurus perbaikan gedung Unit Donor Darah di RSD Siti Fatimah, kata Ketua PMI Sumsel itu saat menghadiri donor darah bersama Bank Indonesia (BI) di Palembang, Selasa.

Hal ini penting mengingat kebutuhan darah kadang kala tidak dapat dipenuhi seketika, terutama saat ada kecelakaan atau bencana. Stok darah yang dibutuhkan tidak tersedia, ujar dia.

Menurut dia, seringkali terjadi saat masyarakat membutuhkan darah, stok tidak ada. Untuk itu lah, melalui kegiatan donor darah yang diselenggarakan BI dapat menanggulangi kebutuhan darah di Palembang.

Selain itu berbagai upaya juga terus dilakukan PMI Sumsel.

"PMI juga bekerja sama dan berkoordinasi dengan Polda Sumsel untuk menyediakan layanan kebutuhan darah secara online. Kami pun telah menginstruksikan ke PMI kabupaten dan kota untuk menyediakan UDD, juga menyediakan kartu golongan darah gratis terutama bagi balita", jelas dia.

Menurut dia, kartu golongan darah diberikan bertujuan untuk mengetahui golongan darah masing-masing orang. Hal ini disebabkan masih dijumpai di lapangan, masyarakat belum mengetahui golongan darahnya sendiri.

Kepada Bank Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah, Ketua Tim Penggerak PKK itu menyampaikan apresiasinya dan berharap agar BI membantu sosialisasi agar masyarakat memiliki keinginan dan berperan aktif mendonorkan darahnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia setempat Yunita Resmi Sari mengatakan kegiatan donor darah tersebut merupakan kegiatan rutin per triwulan yang sebagian besar pesertanya adalah pegawai internal BI.

"Kegiatan kali ini terasa istimewa dengan kehadiran Ketua PMI Sumsel. Donor darah ini diikuti 100 orang pegawai internal BI, namun kali ini kita targetkan ada 200 orang, tidak hanya dari BI saja, juga dari perbankan", terangnya.

Ke depan BI akan meluaskan cakupan kegiatan donor darah secara rutin dengan mengikutsertakan pihak perbankan lainnya.

Perbankan akan selalu mendukung kegiatan PMI baik kota maupun provinsi.

Dalam kesempatan itu Ketua PMI didampingi Ketua BI menyerahkan perhargaaan kepada dua orang pendonor aktif, Soeratiman yang telah 55 kali mendonorkan darah dan Muhammad Teguh yang sudah berpartisipasi sebanyak 49 kali.