Disnakan OKUT upayakan peningkatan mutu ternak

id mutu hewan ternak,hewan ternak,peternakan sapi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Disnakan OKUT upayakan peningkatan mutu  ternak

Arsip- Hewan ternak. (Antara/Etri Saputra)

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan mutu hewan ternak dengan memberikan imbauan kepada para peternak agar rutin membersihkan kandang hewan peliharaannya.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu hewan ternak yaitu rutin membersihkan kandangnya," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Timur, Tubagus Sunarseno di Martapura, Selasa.

Selain meningkatkan mutu, kata dia, pembersihan kandang ternak seperti sapi, kambing dan ayam juga dapat mencegah penyebaran penyakit pada hewan peliharaan tersebut.

Menurut dia, kandang yang bersih juga bisa mempercepat pertumbuhan hewan peliharaan sehingga dapat berkembang biak dengan baik.

"Jadi memang sangat perlu sekali upaya peningkatan kualitas ternak, salah satunya dengan membersihkan kandang. Agar kandang tetap bersih dan bebas dari penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang hewan ternak," jelasnya.

Para peternak juga, lanjut dia, disarankan agar rutin memberikan obat dan makanan yang sehat untuk hewan ternak supaya dapat berkembang biak dengan maksimal.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan seluruh peternak di wilayah setempat agar mengasuransikan hewan peliharaan guna mencegah kerugian akibat hewan mati.

"Karena dengan hewan ternak diasuransikan, maka jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti hewan mati atau hilang bisa diganti oleh pihak pemberi asuransi," jelas dia.

Dia menambahkan, Disnakan OKU Timur juga memberikan imbauan kepada seluruh petugas UPT di tingkat kecamatan untuk memberikan pendamping kepada peternak agar paham serta mengerti bagaimana tata cara berternak yang baik dan benar.*