Honda tarik Marquez sebagai pengganti Lorenzo untuk musim 2020

id alex marquez,repsol honda,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Honda tarik Marquez sebagai pengganti Lorenzo untuk musim 2020

Pebalap Moto2 Alex Marquez di sesi foto Grand Prix Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo (17/11/2019) Reuters/Heino Kalis

Jakarta (ANTARA) - Honda Racing Corporation mengumumkan bahwa juara dunia Moto2 dua kali Alex Marquez siap bergabung dengan tim Repsol Honda untuk musim balap MotoGP 2020.

Pebalap muda Spanyol itu akan bergabung dengan Repsol Honda Team dalam kontrak satu tahun.

"Dia akan pindah dari kelas intermediate untuk bermitra dengan juara dunia delapan kali Marc Marquez di 2020 dalam musim debutnya di kelas premier mengendarai Honda RC213V," demikian pernyataan resmi HRC.

Alex menggantikan Jorge Lorenzo yang pensiun dan akan membalap bersama sang kakak, Marc, musim depan.
Sebelumnya manajer tim Repsol Honda telah memberi sinyal siapa pengganti Lorenzo dengan menyebutkan tiga kandidat, yaitu Alex, Cal Crutchlow dan Johann Zarco.

Namun keputusan mereka jatuh kepada pebalap asal Spanyol berusia 23 tahun itu.

"Kita sudah mendengar kabarnya dan keputusan dari Jorge. Kami berpikir dan pada akhirnya kami memutuskan di waktu-waktu terakhir untuk keputusan ini," kata Puig seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Pada dasarnya kita harus memahami jika keputusan ini diambil karena hasil yang ia raih, ini prioritasnya. Dia juara dunia Moto2 dan itu adalah titik awal pertimbangan untuk merekrut dia.

"Dan di Honda kami selalu mencari pebalap masa depan, generasi muda. Dan di luar peristiwa pensiunnya Jorge, itu adalah satu tahun yang hilang, kami memutuskan untuk memberi kesempatan ini berdasarkan fakta jika dia (Alex) adalah juara dunia baru Moto2 dan dia pebalap muda.

"Kami yakin itu akan menjadi kesempatan yang bagus untuknya," kata Puig.