Disnakan Ogan Komering Ulu vaksin ribuan hewan peliharaan

id vaksin hewan peliharaan

Disnakan Ogan Komering Ulu  vaksin ribuan hewan peliharaan

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini memberikan vaksin pada ribuan ekor hewan peliharaan milik masyarakat di wilayah setempat.

"Ada sekitar 1.000 ekor hewan peliharaan milik warga yang kami vaksin terhitung sejak September-Oktober 2019," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, hewan peliharaan milik masyarakat OKU yang divaksin tersebut mulai dari anjing, kucing hingga kera agar kebal terhadap penyebaran penyakit berbahaya.

"Pemberian vaksin ini berdasarkan permintaan dari pemilik hewan agar binatang peliharaannya divaksin," katanya.

Dia menjelaskan, pemberian vaksin pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ataupun kera perlu dilakukan agar terhindar dari penyebaran penyakit rabies.

Menurut dia, rabies adalah suatu virus mematikan yang dapat menyebar ke tubuh manusia dari air liur hewan yang terinfeksi penyakit tersebut.

Rabies ini, lanjut dia, biasanya menyebar melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing dan kera sehingga perlu diantisipasi penyebarannya dengan pemberian vaksin secara rutin.

"Untuk eliminasi anjing liar saat ini kami tidak menjalankan program tersebut karena sejauh ini racunnya tidak ada," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar