Petani Ogan Komering Ulu Timur basmi hama tikus dengan pengemposan

id Petani padi basmi hama tikus

Petani Ogan Komering Ulu Timur  basmi hama tikus dengan pengemposan

Petani padi menjaga tanaman mengantisipasi serangan hama tikus (ANTARA/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Petani padi di Desa Taraman, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan melakukan pembasmian hama tikus dengan cara pengemposan sebelum bibit padi ditanam.

"Pengemposan tikus sebelum bibit padi ditanam dilakukan guna menjaga persemaian padi agar tidak dimakan hama tikus," kata salah seorang petani di Desa Taraman, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Wardoyo di Martapura, Sabtu.

Menurut dia, pembasmian hama sebelum memasuki musim tanam tersebut dilakukan petani di wilayah itu guna menjaga tanaman padi agar tidak dimakan hama tikus seperti sebelumnya.

"Musim tanam sebelumnya tanaman padi milik kami dimakan hama tikus sehingga petani berinisiatif membasmi hama dengan cara pengemposan pada tanah sebelum menanam padi agar hasil panen nanti dapat sesuai harapan," harapnya.

Dia menjelaskan, untuk pengemposan dilakukan dengan menggunakan belerang yang dibakar kemudian dimasukkan ke dalam lubang atau sarang tikus di galengan sawah.

"Kami optimis jika sudah dilakukan pengemposan ini hama tikus tidak lagi menyerang lahan pertanian," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Sujarwanto secara terpisah mengaku pembasmian hama tikus dengan cara pengemposan memang lebih bagus dilakukan sebelum masa tanam berlangsung.

"Kami berharap seluruh petani yang ada di OKU Timur bisa melakukan cara yang sama dalam pemberantasan hama tikus agar hasil panen padi nanti bisa meningkat," ujarnya.***3***
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar