Prancis temani Turki lolos ke putaran final Piala Eropa

id Timnas Prancis,Kualifikasi Piala Eropa,Kualifikasi Euro,timnas turki

Prancis temani Turki lolos ke putaran final Piala Eropa

Pemain Prancis, Kylian Mbappe, bersama bek Moldova, Sergiu Platica, berebut bola dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa di Stadion Stade de France, Jumat (14/11/2019) WIB. (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Jakarta (ANTARA) - Prancis memantapkan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 menemani Turki di Grup H usai mengalahkan Moldova 2-1 di babak kualifikasi Grup H yang digelar di Stadion Stade de France, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Prancis berhak mendapat tiket ke final karena sudah tidak mungkin terkejar oleh Islandia yang berada di urutan ketiga. Sejam sebelum pertandingan Prancis vs Moldova, Islandia hanya bermain imbang 0-0 melawan Turki di Istanbul, demikian laman resmi UEFA.

Prancis kini mengantongi 22 poin, unggul enam angka atas Islandia. Sementara Turki yang sudah dipastikan lolos terpaut empat poin dengan Islandia.



Prancis sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Vadim Rata di menit ke-9 usai memaksimalkan sapuan tak sempurna Clement Lenglet.

Anak-anak asuh Didier Deschamps itu baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-35 melalui sundulan Raphael Varane.

Berawal dari tendangan bebas Antoinne Griezmann di tengah lapang, kiper Alexei Koselev mendapat gangguan dari Giroud sehingga tangkapannya terlepas. Bola muntah mengarah ke Varane yang tinggal menyundulnya tanpa adanya pengawalan.

Gol kemenangan Prancis terjadi di menit ke-79 melalui sepakan Giroud di titik putih. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan bek Moldova Veaceslav Posmac terhadap Digne di dalam kotak penalti. Giroud yang bertindak sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Hingga laga usai skor tetap 2-1 untuk kemenangan Prancis. Dengan hasil itu skuat Les Bleus berhak melaju ke putaran final Piala Eropa 2020 mendampingi Turki meski pertandingan masih menyisakan satu laga terakhir.

Susunan Pemain;
Prancis XI (4-2-3-1): Steve Mandanda; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Clement Lenglet, Lucas Digne; N'Golo Kante, Corentin Tolisso; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Kingsley Coman (Thomas Lemar); Olivier Giroud.

Moldova (5-3-2): Alexei Koselev; Ion Jardan (Dinu Graur), Artur Craciun, Veaceslav Posmac, Igor Armas, Sergiu Platica; Catalin Carp, Eugeniu Cociuc, Artur Ionita; Radu Ginsari (Nicolae Milinceanu), Vadim Rata (Artur Patras).