Grab jamin keselamatan pengguna lewat fitur baru pada Safety Roadshow di Palembang

id grab,aplikasi grab,Anggota Forum Pengada Layanan,Safety Roadshow,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pa

Grab jamin keselamatan pengguna lewat  fitur baru pada Safety Roadshow di Palembang

Pembukaan acara Grab Safety Roadshow Palembang yang turut dihadiri oleh Staf Sarana dan Prasarana Perlengkapan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Palembang, Hermansyah; Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Palembang, Ajun Inspektur Polisi Dua, M. Mutasor; City Manager Grab Palembang, Siswantoro; Kepala Subdirektorat Pendidikan Masyarakat dan Rekayasa Lalu Lintas, Inspektur Polisi Dua, Novi Haryati; Direktur Women Crisis Center Palembang, Forum Pengada Layanan, Yeni Roslaini; Wakil Kepala Kepolisian Sektor Lemabang, Inspektur Satu Polisi, Samsul Fitri; dan Head of Platform Safety & Quality, Grab Indonesia, Mochammad Fadjar Wibowo. Acara berlangsung di Palembang, Rabu (13/11/2019) (ANTARA/HO/19)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Aplikator Grab Indonesia mengeluarkan fitur-fitur kemanan terbaru untuk menjamin kemanan para mitra pengemudi dan penumpang dalam menekan insiden di Indonesia yang dikenalkan lewat 'Safety Roadshow' di Kota Palembang.

Head of Platform Safety & Quality Grab Indonesia, Mochamad Fadjar Wibowo di Palembang, Rabu, mengatakan semua fitur keselamatan sudah tersedia dalam satu ketukan di dalam aplikasi Grab dengan fungsi masing-masing bergantung pada kondisi kedaruratan yang dibutuhkan.

"Dalam teknologi keselamatan, kami selalu berinvestasi dalam keunggulan operasional untuk meningkatkan standar keselamatan transportasi di Indonesia, selama bertahun-tahun kami telah membuat fondasi keamanan seperti respon insiden keselamatan 24/7, perlindungan asuransi kecelakaan diri, serta pemeriksaan latar belakang mitra pengemudi yang ketat, lalu kami tambahkan lagi fitur untuk memperkuat itu," ujar Fadjar Wibowo saat Safety Roadshow Palembang.
 
Grab menegaskan komitmen terhadap keselamatan dan keamanan mitra pengemudi serta penumpang dalam acara Grab Safety Roadshow Palembang, yang turut dihadiri oleh Pembukaan acara Grab Safety Roadshow di Palembang, Rabu (13/11/2019). (ANTARA/HO/19)


Fitur terbaru berupa Pemantauan Perjalanan bagi penumpang dan mitra pengemudi, di mana Grab menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan.

Ketika sistem Grab mendeteksi hal tersebut, penumpang akan secara otomatis menerima pemberitahuan dalam aplikasi untuk menawarkan bantuan dengan tiga opsi, yakni membagikan detail informasi perjalanan kepada teman dan keluarga secara langsung, melaporkan masalah keamanan dan meminta bantuan darurat.

Fitur pertama, 'Bagikan Informasi Perjalanan (Share My Ride)' menawarkan kepada penumpang opsi untuk memberi akses bagi keluarga atau orang tercinta melacak lokasi GPS mereka langsung dengan status perjalanan guna memberi perkiraan waktu kedatangan, fitur ini cocok bagi penumpang di malam hari.

Fitur kedua, 'Laporan Masalah Keselamatan 'Report A Safety Issue)' berfungsi untuk melaporkan masalah keselamatan seperti pengemudi tidak aman atau kondisi bahaya, sehingga Grab bisa mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan.
Fitur keselamatan yang memungkinkan pengguna untuk membagikan detail perjalanan mereka dengan orang yang terdekat, meminta bantuan darurat, dan melaporkan masalah keselamatan terletak secara terpisah di dalam aplikasi. (ANTARA/HO/19)


Fitur ketiga, 'Dapatkan Pertolongan Darurat (Get Emergency)' berfungsi jika terjadi keadaan darurat dengan meminta tin respon insiden Grab 24/7, peringatan berita pesan singkat SMS yang berisi detail informasi lokasi otomatis terkirim ke kontak darurat yang didaftarkan, fitur ini memungkinkan penumpang melacak status bantuan darurat.

Selain itu terdapat fitur keamanan untuk melengkapi tiga fitur sebelumnya, yakni panggilan bebas (VoIP) dan verifikasi wajah pelangggan dan pengemudi melalui swafoto.

Panggilan bebas atau free call memberi kemudahan komunikasi setelah penumpang memesan kendaraan, nomor telepon penumpang dirahasiakan guna menjaga privasi dan keamanan.

Sedangkan verifikasi swafoto mengharuskan penumpang yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Grab untuk berswafoto sebelum memesan kendaraan, pengemudi juga diwajibkan berswafoto secara berkala jika ingin masuk ke dalam aplikasi.

"Fitur-fitur ini diluncurkan akhir 2018 sebagai bagian kampanye #AMANUNTUKSEMUA yang terus mendorong kesadaran aman berkendara sampai target 'nol insiden' bisa dicapai, di Indonesia sendiri insiden sudah bisa kami tekan turun hingga 39 persen," jelas Fadjar.

Sementara City Manager Grab Palembang, Siswantoro, menambahkan saat ini mitra pengemudi maupun penumpang akan merasa lebih nyaman dan aman dalam perjalanan berkat fitur pemantauan perjalanan, hal itu bagian komitmen Grab untuk mempertahankan prestasinya sebagai aplikator serba bisa dengan standar keamanan tinggi di Indonesia.

"Kami juga melakukan psikotes dalam proses perekrutan mitra pengemudi GrabCar agar kualitas para mitra pengemudi meningkat," tambah Siswantoro.
 
Penumpang dan pengemudi kini dapat memilih “Free Call” yang akan memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab. Selain menjaga keamanan dan privasi, fitur ini juga akan memberikan kemudahan komunikasi setelah penumpang memesan kendaraan. (ANTARA/HO/19)


Sebagai gambaran, di Asia Tenggara layanan ride-hilling Grab 1,2 kali lebih aman dari standar industri taksi Singapura dalam hal kecelakaan terkait pengemudi dan 1,9 kali lebih aman dalam hal pelanggaran terkait pengemudi.

Ditambahkan oleh Anggota Forum Pengada Layanan (FPL), Yeni Roslaini, ia mendukung kegiatan Safety Roadshow yang mengenalkan fitur keselamatan Grab terbaru agar timbul partisipasi bersama menjaga keamanan serta keselamatan dari sisi pengemudi dan penumpang.

"Kami mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan ketika berkendara, baik laki-laki maupun perempuan agar bisa mencegah kekerasan dalam perjalanan," kata Yeni yang juga Direktur Eksekutif Women Crisis Center (WCC) Palembang.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar