Gubernur Sumsel luncurkan jaringan internet desa

id Gubernur

Gubernur Sumsel luncurkan  jaringan internet desa

Gubernur Herman Deru luncurkan internet desa (Dok.Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meluncurkan jaringan internet desa guna memaksimalkan penyampaian dan penampungan informasi kepada masyarakat.

Pemerintah akan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sehingga meluncurkan internet desa, kata gubernur usai peluncuran internet desa di Palembang, Senin.

Untuk tahap awal sebanyak 34 desa dan kelurahan yang tersebar di 17 kabupaten serta kota se-Sumsel.

Menurut dia, tidak hanya jaringan internet, Pemprov Sumsel juga memfasilitasi Web Desa dimana untuk tahun 2019 ini sebanyak 170 mendapat Web sekaligus akan terintegrasi internet.

Dalam meluncurkan jaringan internet tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah bekerjasama dengan PT. ICON +.

Untuk setiap desa akan diberikan dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis tersebut dengan kecepatan internet 5 Mbps setiap bulannya.

Jadi kantor desa dan area publik di desa akan menjadi titik pemasangannya, ujar gubernur.

Dia mengatakan perkembangan kemajuan teknologi di Sumsel khususnya dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan pesat. Hal tersebut memberikan kebanggaan tersendiri karena terlibat langsung dalam proses tersebut.

Menurut dia, sebelum jaringan komunikasi tersebar luar seperti sekarang ini, masyarakat mengalami kendala dalam berkomunikasi. Saat ini di era digital dimana ketersediaan internet semakin mudah, komunikasi tidak lagi mengandalkan satu jenis alat komunikasi telpon saja.

Bahkan sekarang ini dengan berbagai aplikasi percakapan seperti Whats App komunikasi menjadi lebih lancar dengan adanya jaringan internet .

Dia mengatakan, saat ini karena kebutuhan, masyarakat selalu berusaha mendapatkan jaringan internet yang lancar. Pemprov Sumsel berusaha mewujudkan kebutuhan masyarakat melalui program internet desa. Di Indonesia, selain Sumsel, Jawa Barat juga menjalankan program Internet Desa.

Dengan adanya jaringan internet masayarakat juga harus siap terhadap perubahan yang terjadi akibat kemajuan teknologi.

Yang jelas tahun depan semua desa ditargetkan memiliki jaringan internet sehingga komunikasi lebih maksimal.

Dengan adanya fasilitas internet desa ini akan membuat kemudahan masyarakat dalam beraktifitas.

"Saya ingin kemajuan di Sumsel lebih merata, dengan adanya internet desa bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai keperluan yang positif, seperti memasarkan UMKM hasil-hasil kerajinan, hasil bumi, pariwisata hingga kegiatan-kegiatan masyarakat desa,” ujar gubernur.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel juga menyapa internet desa di lokasi lain melalui video conference yaitu Desa Celikah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Desa Karang Binangun Ogan Komering Ulu Timur, Desa Tj. Sejaro Kabupaten Ogan Ilir.

Gubernur merasa senang launching ini berhasil dilakukan sehingga membuat semua pembatas hilang. Dengan internet desa, pemerintah akan tahu kondisi desa dan begitu pula sebaliknya secara real-time.

"Hari ini 170 Desa yang akan disediakan layanan Internet dan website desa mulai diaktifkan. Kedepan, kita menargetkan satu tahun untuk semua desa bebas dari blankspot serta memiliki website dan hotspot untuk memperlancar bisnis dan lain sebagainya.

Memang akan dilaksanakan secara bertahap termasuk mentuntaskan masalah blankspot, ujar dia.

Kepala Dinas Kominfo Sumsel H. Achmad Rizwan mengatakan, program internet Desa bertujuan untuk peningkatan SDM di Desa dan tersedianya informasi bagi masyarakat Desa.

Selain itu peningkatan kesejahteraan masyarakat desa serta menggali potensi yang ada dengan sasaran seluruh Desa yang ada di Sumsel.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar