PP Pemuda Muhammadiyah : Sampaikan dakwah yang sejuk

id pemuda muhammadiyah, sunanto,muhammadiyah kalteng,dakwah sejuk

PP Pemuda Muhammadiyah :  Sampaikan dakwah yang sejuk

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto (tengah). (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan  Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah (PM) Sunanto meminta kader Pemuda Muhammadiyah selalu menyampaikan dakwah yang membawa kesejukan, perdamaian, dan toleransi.

"Kondisi masyarakat di Kalteng sangat beragam, sehingga pemuda harus selalu jadi penengah. Sampaikan dengan kelembutan karena Islam ialah agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Ia juga mengatakan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai sektor merupakan kunci utama upaya pengentasan kebodohan dan kemiskinan di Indonesia.

"Untuk itu saya minta kader Pemuda Muhammadiyah terus meningkatkan kualitas yang menjadi bagian utama upaya pengentasan kebodohan dan kemiskinan," kata  Sunanto

Menurut dia, kader Pemuda Muhammadiyah harus selalu meningkatkan kualitas diri sesuai posisi atau identitas yang selalu melekat dalam kehidupan bermasyarakat.

"Mengasah kemampuan sesuai kondisi dan posisi baik kader yang merupakan akademisi, pengusaha dan politisi maupun bidang lainnya. Kader yang memiliki latar belakang berbeda juga harus mampu berkolaborasi untuk menyukseskan tujuan organisasi demi kemajuan bangsa," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait acara pelantikan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalteng yang digelar Sabtu (9/11) sore di Palangka Raya.

Sunanto juga berpesan agar kader Pemuda Muhammadiyah di Kalteng menjalin kolaborasi baik dengan organisasi lain maupun dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan yang adil dan merata.

"Secara nasional peningkatan SDM menjadi titik tumpu maka perlu model baru dalam pengembangan itu karena zaman mulai berubah. Model-model itu perlu dicari sehingga semakin menarik dan tepat jika diaplikasikan pada kondisi generasi muda saat ini," katanya.

Dia pun berharap para kader PWPM Kalteng yang baru dilantik menjadi garda terdepan dalam menyukseskan program pembangunan di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila," ini.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan keberadaan ormas kepemudaan salah satunya Pemuda Muhammadiyah sangat diperlukan dalam mengawasi dan menyukseskan pembangunan.

Untuk itu, dia meminta kader Pemuda Muhammadiyah semakin kreatif dan inovatif menyusun program kerja untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kalteng.

 Pihaknya pun siap berkolaborasi dalam membangun Kalimantan Tengah Bermartabat, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (Berkah).