Gantikan Oliveira di Valencia, Lecuona jalani debut MotoGP lebih awal

id iker lecuona,gp valencia,motogp,miguel oliveira,ktm tech 3,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemban

Gantikan Oliveira di Valencia, Lecuona jalani debut  MotoGP lebih awal

Iker Lecuona (teamtech3.fr)

Jakarta (ANTARA) - Iker Lecuona akan menjalani debut balapan MotoGP lebih awal ketika dirinya dipanggil KTM Tech 3 untuk menggantikan Miguel Oliveira di seri terakhir grand prix musim ini di Valencia, Spanyol pekan depan.

Oliveira akan absen hingga Februari tahun depan setelah selesai menjalani operasi bahu kanan pekan lalu sedangkan Lecuona yang saat ini membalap di Moto2 bersama dengan tim American Racing KTM telah dipinang oleh tim satelit KTM itu untuk berlaga di MotoGP musim depan.

Namun sang pebalap asal Spanyol itu akan menjajal mesin KTM RC16 beberapa hari lebih awal di balapan GP Valencia sebelum melanjutkan adaptasi dengan motor kelas premier itu di tes resmi Valencia pada 19-20 November.

Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia memiliki kenangan tersendiri bagi pebalap berusia 19 tahun itu karena ia meraih podium pertamanya di kelas Moto2 setelah finis runner-up di sana.

"Memiliki kesempatan ini di Grand Prix di tanah kelahiran saya adalah suatu momen yang membanggakan bagi saya. Kami harus menikmati pengalaman indah ini, namun tetap belajar sebanyak mungkin untuk masa depan," kata Lecuona seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Semua ini tak akan mungkin tanpa bantuan dan dukungan dari Herve Poncharal, juga Eitan Butbul dan kru hebat American Racing Team, mereka telah membantu saya tumbuh sebagai pebalap dan manusia.

"Saya juga ingin mendoakan pemulihan yang cepat Oliveira, yang akan menjadi rekan saya tahun depan. Saya akan menampilkan yang terbaik di Valencia."

Sementara itu, pebalap MotoAmerica Supersport dan alumnus Red Bull MotoGP Rookies Cup Sean Dylan Kelly akan menempati bangku kosong Lecuona di tim American Racing KTM bersama kompatriot senegaranya, Joe Roberts, di Valencia.