DPR RI apresiasi Pemprov Sumsel atasi Karhutla

id dpr ri,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

DPR RI apresiasi Pemprov Sumsel atasi  Karhutla

Wagub Sumsel Mawardi Yahya menerima kunjungan DPR RI (Dok.Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Komisi IV DPR RI mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam mengatasi dan menekan kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

"DPR mengapresiasi upaya Pemprov Sumsel yang telah maksimal dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan," kata Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Amirudin dihadapan jajaran pejabat Pemprov Sumsel di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan banyak permasalahan yang dihadapi dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan sehingga perlu dicarikan jalan keluarnya.

Masalah kebakaran hutan dan lahan itu nantinya akan dibawa ke pusat untuk dicarikan formula sehingga kasus kebakaran di Sumsel tidak terjadi lagi.

"Kita dari Komisi IV DPR RI juga menampung aspirasi dari Pemprov Sumsel, TNI/Polri untuk mencari formula dalam mengatasi persoalan Karhutla yang akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat," ujar Hasan Amirudin.

Dia mengatakan, upaya Pemprov Sumsel dan stakeholder lainnya dalam mengatasi karhutla memang sudag maksimal. Selain pemadaman konvensional juga dilakukan pemadaman dengan memodifikasi cuaca. Serta pemadaman jalur udara melalui water bombing.

"Langkah yang sudah dilakukan Pemprov Sumsel untuk mengatasi Karhutla ini sudah maksimal, mulai dari pencegahan hingga mengatasi lahan yang terbakar," tambah dia.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih kepada Komisi IV DPR RI yang telah memantau perkembangan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

Apalagi daerah ini memiliki lahan gambut yang luas sehingga jika terbakar sulit dipadamkan sehingga perlu perhatian pemerintah pusat.

"Kami harapkan atas kehadiran bapak dan ibu disini menjadi angin segar bagi Provinsi Sumsel dengan harapan kedepan kebakaran hutan dan lahan tidak ada lagi terjadi," kata Wagub.

Dalam kunkernya Komisi IV DPR RI mereka juga meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan salah satunya di Kabupaten Ogan Ilir dengan didampingi Organisasi Perangkat Daerah terkait.