Kementerian Pariwisata dukung Sumsel kembangkan wisata olahraga

id wisata olahraga, kementeraian pariwisata, kembankan wisata olahraga palembang, kawasan jsc potensi dikembangkan jadi wis

Kementerian Pariwisata  dukung Sumsel kembangkan wisata olahraga

Pejabat Dinas Pariwisata di Sumsel dan Kementerian Pariwisata foto bersama pada acara pembukaan Sosialisasi Program Pengembangan Tourism Hub dan Potensi Sport Tourism Sebagai Daya Tarik Wisatawan Eropa, di Palembang, Rabu (6/11/2019). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kementerian Pariwisata mendukung Pemerintah Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan mengembangkan wisata olahraga memanfaatkan sarana olahraga berstandar internasional yang terhimpun dalam satu kawasan di Jakabaring.

"Dinas Pariwisata Kota Palembang dan Provinsi Sumsel bisa bersinergi memanfaatkan sarana olahraga yang pernah digunakan untuk Asian Games tahun 2018 menjadi kawasan wisata olahraga," kata pembicara dari Kementerian Pariwisata Tri Agusrini dalam acara Sosialisasi Program Pengembangan Tourism Hub dan Potensi Sport Tourism Sebagai Daya Tarik Wisatawan Eropa, di Palembang, Rabu.



Letak wilayah Kota Palembang yang cukup strategis serta memiliki sarana olahraga dan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, tidak membutuhkan banyak biaya dan waktu untuk mengembangkan wisata olahraga.

Dengan melakukan sedikit pembenahan dan penambahan fasilitas pendukung, paket wisata olahraga yang ada di Ibu kota Provinsi Sumsel itu bisa dijual.



Khusus untuk memasarkan paket wisata olahraga dengan sasaran wisatawan mancanegara dari kawasan Eropa seperti Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, dan Rusia, jajaran Dinas Pariwisata Kota Palembang bersama Provinsi Sumsel bersama-sama melakukan kegiatan promosi ke negara pasar potensi pariwisata tersebut.

Selain itu juga bisa melakukan kerja sama dengan pelaku industri pariwisata, maskapai penerbangan dan pihak lainnya di Singapura menarik 18 juta wisatawan Eropa yang setiap tahunnya berkunjung ke negara tersebut.



"Wisatawan Eropa yang banyak berkunjung ke Singapura bisa menjadi sasaran promosi agar tertarik menambah waktu wisata mereka ke Indonesia khususnya ke Kota Palembang dan beberapa destinasi wisata Sumsel lainnya," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Sarkomi pada kesempatan itu menambahkan pihaknya berupaya menggalakkan promosi potensi wisata olahraga yang ada di Kota Palembang untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke provinsi setempat.

"Ibu kota Provinsi Sumsel itu memiliki fasilitas olahraga yang berstandar internasional terintegrasi dalam satu kawasan di Jakabaring, potensi tersebut sekarang ini mulai dikembangkan sebagai objek wisata minat khusus serta dipromosikan secara maksimal," ujarnya.

Wisatawan asing tidak hanya bisa memanfaatkan kawasan Jakabaring Palembang untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga, tetapi juga bisa menikmati keindahan alam, wisata budaya, sejarah, dan aneka jenis makanan khas daerah dari berbagai daerah Sumsel, kata Aufa.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar