PHRI Sumsel bantu persiapkan paket wisata olahraga

id wisata olahraga, paket wisata,paket wisata olahraga,wisata olahraga di sumsel

PHRI Sumsel bantu  persiapkan paket wisata olahraga

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (kanan) bersama pengusaha membahas prospek industri pariwisata. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Sumatera Selatan akan membantu Dinas Pariwisata setempat menyiapkan paket wisata olahraga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Provinsi ini memiliki fasilitas olahraga yang berstandar internasional terintegrasi dalam satu kawasan di Jakabaring, potensi tersebut jika dikemas secara terpadu dengan wisata lainnya bisa memiliki nilai jual tinggi untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin, di Palembang, Rabu.

Melalui momentum program pengembangan "tourism hub dan potensi sport tourism sebagai daya tarik wisatawan Eropa yang digalakkan Kementerian Pariwisata pada 2019 ini, bisa dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan datang ke daerah ini.

Fasilitas olahraga yang dimiliki daerah ini, bisa dijadikan objek wisata sekaligus dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kejuaraan baik skala lokal, nasional, maupun internasional, katanya.

Dia menjelaskan, berbagai potensi yang dimiliki daerah ini, bisa dikemas menjadi objek wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi wisatawan.

Pengembangan pariwisata sangat memungkinkan karena provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini memiliki berbagai objek wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain di dalam dan luar negeri.

Provinsi ini memiliki objek wisata alam, budaya, sejarah, dan memiliki aneka jenis kerajinan dan makanan khas daerah.

Dengan mengemas potensi pariwisata itu secara terpadu diharapkan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi ini bisa tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan, kata Herlan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan Aufa Sarkomi mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerah ini karena bisa mendukung pemberdayaan ekonomi rakyat.

Jumlah wisatawan, terutama wisatawan mancanegara, yang berkunjung ke provinsi ini dari tahun ke tahun trennya meningkat, namun jumlahnya belum sesuai dengan target yang diharapkan.

Wisman yang berkunjung ke Sumatera Selatan berdasarkan data dalam beberapa tahun terakhir cukup tinggi sekitar 40.000 orang.

Melihat kondisi tersebut, melalui berbagai upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut diharapkan bisa memenuhi target yang diharapkan sebanyak 100 ribu orang, kata Aufa.