Menteri Kelautan dan Perikanan dukung Sumsel bangun pembibitan udang

id menteri kelautan dan perikanan , kkp, menteri edhy prabowo, perikanan, balai benih, pembibitan udang

Menteri Kelautan dan Perikanan  dukung Sumsel bangun pembibitan udang

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama Gubernur Sumsel Herman Deru ketika memberikan keterangan pers seusai acara Peringatan ke-19 Hari Nusantara di Palembang, Senin (4/11). (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) membangun tempat pembibitan udang untuk menggalakkan usaha budidaya udang yang memiliki prospek cukup cerah.

"Tempat pembibitan udang di kawasan Pulau Maspari wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang direncanakan Pemprov Sumsel akan dipelajari dan didukung secara maksimal jika memenuhi persyaratan teknis," kata Edhy Prabowo di hadapan Gubernur Sumsel, Herman Deru pada acara Peringatan ke-19 Hari Nusantara di Palembang, Senin.

Kegiatan budidaya udang akan didukung dengan fasilitas pembibitan yang memadai, sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendatangkan benih udang dari luar Sumsel.



Selama ini benih didatangkan pengelola tambak udang dari Lampung dan Semarang, proses pengiriman benih antarprovinsi itu kurang mendukung kegiatan budidaya karena ketika sampai di lokasi tambak banyak yang mati.

Permasalahan tersebut akan diupayakan segera diatasi dengan membangun tempat pembibitan/benih udang yang unggul dan sesuai dengan kondisi alam wilayah Sumsel.

Jika tempat pembibitan tersebut berhasil diwujudkan, diharapkan tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan benih masyarakat Sumsel tetapi juga kebutuhan masyarakat di provinsi lain sekitar pantai Timur Sumatera.



Untuk segera mewujudkan tempat pembibitan udang di Pulau Maspari itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru diminta mendorong pejabat terkait aktif melakukan koordinasi dengan pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Jika pejabat di provinsi ini tidak aktif mengajukan usulan dukungan pelaksanaan program pembangunan terkait sektor kelautan dan perikanan, pihaknya tidak mengetahui provinsi ini membutuhkan dukungan apa saja dari pusat, ujar menteri yang juga putra Sumsel tu.

Sementara Gubernur Sumsel, Herman Deru meminta dukungan Menteri Edhy Prabowo mengembangkan potensi daerah terutama sektor kelautan dan perikanan yang tersedia cukup besar namun belum dikelola dengan baik.

"Kami mengharapkan pak menteri sebagai putra daerah memberikan dukungan maksimal dalam mengembangkan potensi kelautan dan perikanan agar menjadi kenangan baik bapak pribadi dan bagi masyarakat Sumsel," jelas gubernur.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar