Dinkes OKU imbau masyarakat tingkatkan pola hidup bersih dan sehat

id Dinkes OKU imbau masyarakat tingkatkan pola hidup bersih dan sehat,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Dinkes OKU imbau masyarakat  tingkatkan pola hidup bersih dan sehat

Logo Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengimbau masyarakat di wilayah itu untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyebaran penyakit menular maupun tidak menular.

"Yang paling utama masyarakat harus menjaga kebersihan di lingkungan sekitar," kata Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Deddy Wijaya didampingi Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Afua Amuri di Baturaja, Minggu.

Dalam meningkatkan pola hidup bersih dan sehat tersebut dapat dimulai dari lingkungan sekitar rumah untuk selalu dijaga agar tetap bersih supaya terhindar terhadap penyebaran penyakit yang dapat membahayakan tubuh manusia.

"Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati," katanya.

Dia mengemukakan, Dinas Kesehatan OKU saat ini gencar melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk mendorong warga agar berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Sosialisasi Germas ini kami laksanakan di setiap kecamatan di Kabupaten OKU," katanya.

Selain sosialisasi, kata dia, di Bulan November tahun ini pihaknya juga akan menggelar Gebyar Germas untuk mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat dengan melibatkan seluruh puskesmas di 13 kecamatan serta lintas sektor kesehatan di Kabupaten OKU.

Tujuan umum dari kegiatan tersebut, lanjut dia, untuk menggerakkan masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular.

"Gebyar Germas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat serta menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk menurunkan faktor risiko penyakit menular dan tidak menular ini dapat dilakukan dengan meningkatkan aktivitas teratur, seperti olahraga minimal 30 menit setiap hari.

"Selain itu masyarakat juga kami sarankan agar rutin melakukan pemeriksaan deteksi dini penyakit di tempat pelayanan kesehatan, minimal enam bulan sekali, terutama tekanan dan kadar gula darah," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar