Kodim 0403 Ogan Komering Ulu bangun jamban gratis

id Kodim 0403 Ogan Komering Ulu bangun jamban gratis

Kodim 0403  Ogan Komering Ulu bangun jamban gratis

Prajurit TNI bersama warga bergotong royong membangun jamban. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melalui Koramil 403-01 Kecamatan Pengandonan membangun puluhan unit jamban secara gratis bagi masyarakat kurang mampu di wilayah setempat agar tidak membuang air besar sembarangan.

"Untuk di Kecamatan Pengandonan ada puluhan jamban yang sudah kami bangun tahun ini," kata Dandim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU), Letkol Arm Agung Widodo melalui Danramil Pengandonan, Kapten Arm Mazani di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan, pembangunan sanitasi ini dalam rangka program Bakti TNI untuk membantu masyarakat kurang mampu yang belum memiliki jamban guna dibangunkan secara gratis.

Pada semester II tahun ini, kata dia, tercatat puluhan jamban yang sudah dibangun oleh prajurit TNI secara gratis di rumah warga di wilayah itu khususnya yang belum memiliki fasilitas sanitasi tersebut.

"Untuk jumlah pastinya saya lupa. Yang jelas, selama semeter II tahun ini ada puluhan unit jamban yang sudah kami bangun," ungkapnya.

Pembangunan yang dilakukan secara swadaya bersama masyarakat tersebut dilakukan khusus bagi masyarakat yang belum memiliki jamban.

Dalam penentuan sasaran masyarakat penerima bantuan program jambanisasi ini berdasarkan hasil survey dan kordinasi Babinsa dengan pemerintah desa masing-masing.

"Masyarakat yang menerima bantuan ini memenuhi beberapa kriteria yaitu warga berpenghasilan di bawah rata-rata dan belum memiliki jamban," tegasnya.

Bantuan pembangunan jamban ini bertujuan agar masyarakat berprilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan buang air besar pada tempatnya yaitu di jamban.

"Dengan adanya jamban ini diharapkan masyarakat tidak lagi membuang air besar di sungai karena dapat mencemari lingkungan," harapnya.