Desa Sukamerindu OKU bangun sumur bor penuhi kebutuhan air bersih

id Desa Sukamerindu OKU,air bersih

Desa Sukamerindu OKU bangun sumur bor  penuhi kebutuhan air bersih

Pemerintah Desa Sukamerindu, Kabupaten OKU menambah satu unit sumur bor yang dibangun tahun ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Desa Sukamerindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini membangun sumur bor guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di wilayah itu.

Kepala Desa Sukamerindu, Ogan Komering Ulu (OKU), Parman di Baturaja, Jumat mengemukakan bahwa pembangunan sumur bor ini setiap tahun dilakukan pihaknya sejak 2017 lalu menggunakan dana desa setempat.

"Setiap tahun sejak 2017 lalu sumur bor ini dibangun satu unit di desa kami. Tahun ini dibangun satu unit lagi sehingga totalnya sudah ada tiga sumur bor," katanya.

Dia menjelaskan, pembangunan sumur bor di desa tersebut dilakukan guna mememuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah itu untuk kebutuhan sehari-hari.

"Sebenarnya warga kami sebagian besar memiliki sumur galian. Namun saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini mulai dangkal dan airnyapun hanya bisa dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci saja," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah desa setempat berinisiatif membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang bisa dikonsumsi warga.

"Dengan adanya tiga sumur bor ini dapat memenuhi kebutuhan air untuk memasak dan minum sehingga masyarakat tidak harus membeli air kemasan lagi," tegasnya.

Sementara itu, menurut Firman salah seorang warga Desa Sukamerindu mengaku sangat terbantu dengan adanya sumur bor tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih keluarganya dan warga lainnya di desa setempat.

"Yang pasti, kami tidak lagi harus membeli air galon untuk masak dan minum karena kualitas air sumur bor ini layak dikonsumsi," ujar dia.