Wali Kota Palembang ajak warga gotong royong bersihkan sungai

id Wali kota, pemkot, gotong royong, berdihskan sungai,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari

Wali Kota Palembang ajak  warga gotong royong bersihkan sungai

Wali Kota  Palembang Harnojoyo (tengah) dalam suatu acara. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan Harnojoyo mengajak warga kota setempat bergotong royong membersihkan sungai dan anak Sungai Musi serta saluran air menghadapi musim hujan 2019 ini.

"Musim hujan diprediksi mulai terjadi November, untuk menghadapi musim tersebut dan mencegah banjir perlu digalakkan kegiatan gotong royong membersihkan sungai dan saluran air dari sampah dan kotoran lainnya," kata Harnojoyo di Palembang, Kamis.

Kegiatan gotong royong yang telah dilakukan jajaran Pemkot Palembang bersama warga pada setiap akhir pekan dalam beberapa tahun terakhir, diupayakan lebih gencar lagi.

Melalui gotong royong semua pekerjaan bisa dilakukan dengan ringan dan permasalahan sampah yang mengotori sungai, lingkungan tempat tinggal, perkantoran dan tempat lainnya, serta menyumbat saluran air dapat diatasi dengan baik, katanya.

Menurut dia, kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang dalam beberapa tahun terakhir sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

"Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong-royong, jajaran Pemkot Palembang setiap Minggu pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya," ujarnya.

Kegiatan bersama membersihkan sungai, kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan tempat lainnya itu, bermanfaat untuk menjadikan kawasan tersebut bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan gotong-royong, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

Melihat besarnya manfaat kegiatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh warga kota untuk lebih menggalakkan kegiatan itu secara rutin pada setiap akhir pekan, meskipun tanpa didampingi pihak kelurahan dan jajaran Pemkot Palembang, kata wali kota.