Puluhan warga bibir sumbing Ogan Komering Ulu dioperasi gratis

id Puluhan warga OKU penderita bibir sumbing dioperasi gratis

Puluhan warga bibir sumbing   Ogan Komering Ulu dioperasi gratis

Puluhan warga OKU penderita bibir sumbing dioperasi secara gratis. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Puluhan warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang menderita bibir sumbing dioperasi secara gratis oleh Dinas Kesehatan setempat melalui Puskesmas Kecamatan Lubuk Batang.

"Ada sekitar 50 orang peserta warga OKU yang mendaftar untuk dioperasi bibir sumbing secara gratis," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Deddy Wijaya didampingi Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Afua Amuri di Baturaja, Selasa.

Dia mengemukakan, operasi bibir sumbing ini dilaksanakan oleh Puskesmas Lubuk Batang bekerja sama dengan Yayasan Umi Romlah untuk mengoperasi pasien penderita secara gratis.

"Biaya operasi bibir sumbing ini ditanggung oleh Yayasan Umi Romlah bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Lubuk Batang," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, diikuti sebanyak 50 orang peserta yang mendaftarkan diri untuk dioperasi agar bibir sumbingnya kembali normal seperti masyarakat umum lainnya.

Sebagian besar penderita bibir sumbing ini, yaitu sebanyak 29 orang dilakukan operasi di RS Maulana Baturaja secara gratis.

Sedangkan, lanjut dia, 21 orang peserta lainnya terpaksa menjalani operasi di RSMH Palembang karena bibir sumbingnya sudah sampai ke langit-langit mulut sehingga harus dirawat inap.

"Pasien yang menjalani operasi di RS Maulana Baturaja langsung boleh pulang setelah dioperasi," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar