Gubernur Sumsel berikan penghargaan pada sepuluh pemuda berprestasi

id sumpah pemuda,gubernur sumsel, herman deru,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel berikan  penghargaan pada sepuluh pemuda berprestasi

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memberikan penghargaan pada sepuluh pemuda yang berprestasi di daerah itu dalam peringatan Ke-91 Hari Sumpah Pemuda.

Menpora Zainudin Amali dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Senin mengatakan, di tengah pesatnya kemajuan arus informasi dan globalisasi dewasa ini, para pemuda Indonesia dituntut harus tetap memiliki moral, keimaman yang kuat, karakter tangguh dan pekerja keras.

Pemuda harus memiliki karakter yang tangguh, memiliki moral dan kinerja tinggi. Pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab.

Selain itu pemuda harus kerja keras, kerja cerdas, dan ikhlas serta menyelesaikan tugas secara tuntas, ujar Menpora.

Para pemuda menurut Menpora, harus memiliki kapasitas intelektual dan skil kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni.

Selain itu juga pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah Internasional, ujar Menpora dalam sambutan tertulisnya.

Apalagi pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan pemuda Indonesia untuk dapat meningkatkan kapasitas pengetahuannya dalam pengembangan sumberdaya serta daya saing.

Namun disisi lain perkembangan ini ada dampak negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme dari terorisme juga mudahnya jika pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa maju,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan, upacara Sumpah Pemuda di Sumsel diikuti ribuan peserta dari berbagai unsur seperti ASN, mahasiswa, pelajar dan organisasi pemuda lainnya.

Sementara sejumlah kegiatan dalam menyambut hari Sumpah Pemuda kali ini diantaranya lomba lintas alam, lomba pemuda pelopor dan puncaknya ditandai dengan upacara bendera, tambah dia.