Pemprov Sumsel siap fasilitasi Satgas Karhutla

id Wagub,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Pemprov Sumsel siap fasilitasi Satgas Karhutla

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap memfasilitasi tambahan satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang diturunkan beberapa waktu lalu di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Pemerintah Provinsi Sumsel memberikan fasilitasi dan pembekalan pada anggota pencegahan kebakaran hutan dan lahan", kata Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dalam keterangan resminya di Palembang, Minggu.

Pihaknya akan memberikan fasilitasi dan pembekalan dalam membantu Satgas di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bahkan, lanjut dia, Gubernur Herman Deru juga mengatakan bahwa siap, tanggung jawab dalam menyiapkan bekal-bekal petugas di lapangan.

Wagub menilai, ditambahnya personil ini untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten tersebut karena banyak terdapat titik api dan panas.

Jadi situasi tersebut tidak boleh dibiarkan sehingga ditambah petugas gabungan.

Apalagi berdasarkan prakiraan musim hujan mengalami perubahan agak mundur sehingga dampak kemarau itu harus diantisipasi.

Oleh karena itu Pangdam II/Sriwijaya dan Kapolda Sumsel serta Pemprov mengambil inisiatif dengan menambah personel.

Bukan itu saja tetapi areal hutan di Sumsel masih cukup luas sehingga pencegahan dalam musim kemarau ini harus dimaksimalkan

Bahkan, lanjut dia, dari lahan tersebut juga areal gambut juga luas termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ilir sehingga pencegahan Karhutla diutamakan.

Sebelumnya Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan mengatakan tugas ini adalah tugas yang mulia karena untuk menyelamatkan warga dari bahaya asap.

"Mari kita bersama-sama melakukan tugas kemanusian yaitu mengatasi kebakaran hutan dan lahan," tambah dia.

Sebagaimana telah diturunkan 850 personil yang terdiri dari 500 anggota Polri, 300 TNI dan sisanya aparat lainnya untuk mengatasi Karhutla di Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar