120 atlet Ogan Komering Ulu tes fisik jelang Porprov 2019

id porprov sumsel,atlet OKU,tes fisik,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

120 atlet Ogan Komering Ulu tes fisik jelang Porprov  2019

Salah seorang atlet asal Kabupaten Ogan Komering Ulu saat mengikuti tes fisik dan kesehatan di Gedung Olahraga Baturaja menjelang Porprov 2019. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 120 orang atlet dari 18 cabang olahraga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengikuti tes fisik mengukur volume oksigen maximal atau VO2MAX menjelang dilaksanakannya Porprov Sumsel XII tahun 2019 pada November mendatang.

"Tes fisik VO2MAX tahap kedua ini guna memastikan kesiapan para atlet asal Kabupaten OKU sebelum mengikuti Porprov Sumsel 2019 ke-XII yang akan digelar di Prabumulih pada November 2019," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ogan Komering Ulu (OKU), Eddy Jaya di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan, tujuan dari kegiatan mengukur VO2MAX ini untuk mengetahui kekuatan fisik para atlet sebelum bertanding di 18 cabang olahraga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) nanti.

"Selain fisik, seluruh atlet ini juga dilakukan tes kesehatannya," kata dia.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengukur volume maxsimal oksigen para atlet untuk diutus mewakili daerah setempat dalam Porprov 2019.

"Tes ini ada ukuran maximal level 9 atau 8. Bagi atlet yang tidak mencapai level target akan kami ganti," tegasnya.

Dalam tes tersebut, kata dia, atlet yang tidak bisa mencapai level 8 akan diganti dengan yang lain atau digantikan oleh mereka yang benar-benar kuat fisiknya guna mengikuti perlombaan itu.

"Seperti atletik, cabang olahraga tinju dan karate, fisiknya benar-benar harus sehat dan kuat," tegas dia.

Adapun cabang olahraga yang akan diikuti oleh atlet asal Kabupaten OKU pada Porprov 2019 nanti yaitu atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, karate, panjat tebing, pencak silat, senam, panahan, sepeda, sepatu roda, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju, wushu dan woodball.

"Target kami 18 cabang olahraga yang diikuti oleh 120 atlet ini semuanya mendapat juara sehingga dapat mengharumkan dana daerah," harapnya.