Jalur transfortasi Sungai Sekanak - Lambidaro aktif setelah restorasi

id sungai,sungai sekanak,palembang,pemkot palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Jalur transfortasi Sungai Sekanak - Lambidaro aktif setelah restorasi

Sungai Sekanak Palembang, Sumatera Selatan yang dipercantik menjelang perhelatan Asian Games XVIII tahun 2018. (ANTARA/HO/19)

Palembang (ANTARA) - Jalur transfortasi Sungai Sekanak-Lambidaro, Palembang, sejauh 11 kilometer akan diaktifkan kembali setelah restorasi dilakukan Pemerintah Kota Palembang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan belum lama ini pemkot telah menyerahkan Detail Engineering Design (DED) restorasi Sungai Sekanak Lambidaro ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Dalam DED dijelaskan bahwa sungai ini akan melintasi kawasan perkotaan, sehingga akan ada pengerukan dan sekaligus menata ulang untuk dijadikan destinasi wisata,” kata dia.

Ia mengatakan karena jalur sungai ini akan dimanfaatkan kembali sebagai jalur transportasi air, maka ada beberapa jembatan yang harus ditinggikan.

“Ada sekitar 18 buah jembatan yang akan ditinggikan agar kapal-kapal bisa melintas,” kata dia.

Kasubdit Sungai Wilayah Barat Kementerian PUPR Asdin Julaedy mengatakan restorasi sungai yang akan dilakukan Pemkot Palembang ini sesuai dengan konsep pengembangan pariwisata di Palembang.

“Palembang mengusung semangat menjadikan kotanya sebagai ‘Venesia dari Timur’, jadi restorasi ini sudah sangat tepat,” kata dia.

Untuk perestorasian tersebut, menurutnya, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan Pemerintah Kota Palembang yakni salah satunya pembebasan lahan.

Selain itu, dampak dari perestorasian ini, yakni seberapa pengaruhnya pada pengurangan banjir di Kota Palembang.

“Tentunya diharapkan ada pengaruh signifikan terhadap pereduksian banjir, dalam perencanaan seharusnya juga ditampilkan secara jelas,” kata dia.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar