Festival Angso Duo guna lestarikan budaya Jambi

id festival angso duo,jambi

Festival Angso Duo guna lestarikan budaya Jambi

Siswa Sekolah Dasar di Jambi mengikuti lomba desain batik pada Festival Angso Duo Kota Jambi. Pemkot Jambi berharap festival ini dapat menjadi agenda nasional. (ANTARA/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi menggelar Festival Angso Duo untuk mengangkat dan melestarikan kearifan lokal dan budaya Jambi.

"Tujuan dari festival dan karnaval Angso Duo ini adalah mengangkat dan melestarikan budaya Melayu Jambi dan kehidupan kultur budaya masyarakat Jambi secara umum," kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi, Kamis.

Festival Angso Duo yang dilaksanakan selama tiga hari dari hari ini, Kamis sampai Sabtu (26/10) menampilkan berbagai macam budaya dan tradisi masyarakat Jambi serta berbagai lomba yang berkaitan dengan budaya Jambi, diantaranya lomba desain batik dan lomba melukis layang-layang yang mengangkat kreativitas anak-anak muda di Kota Jambi.



Dijelaskan Maulana, budaya Melayu Jambi ini menurut para sejarah termasuk yang lama dan yang paling dihargai dan dihormati yang kemudian berkembang ke semua budaya Melayu yang ada dan ini sudah terbukti secara ilmu sejarah seperti Candi Muaro Jambi, Sultan Thaha Syaifuddin dan lain sebagainya.

Maulana berharap festival dan karnaval Angso Duo tersebut dapat menjadi agenda nasional karena dengan menjadi agenda nasional, Jambi akan dikenal dan akan banyak wisatawan dalam negeri dan mancanegara yang akan datang. Dengan demikian akan berdampak positif terhadap pariwisata di Jambi, dan yang lebih utama terhadap perekonomian masyarakat Jambi.

"Kami berharap sinergi dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkait dengan peningkatan pengenalan budaya jambi untuk lebih efektif dalam mengenal Jambi, khususnya Kota Jambi di kancah nasional dan internasional," kata Maulana.*
 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar