Pemkab Ogan Komering Ulu Timur bentuk koperasi petani cabai

id oku,koperasi cabai,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemkab Ogan Komering Ulu  Timur bentuk koperasi petani cabai

Bupati Ogan Komering Ulu Timur, HM Kholid MD. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan akan membentuk koperasi khusus untuk petani cabai di wilayah itu guna memberikan modal kepada para petani dalam bercocok tanam.

"Koperasi yang akan kami bentuk tahun ini bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel Cabang Martapura dalam upaya untuk membantu petani cabai agar mendapatkan modal pinjaman," kata Bupati Ogan Komering Ulu Timur, HM Kholid MD di Martapura, Rabu.

Dia mengemukakan, koperasi khusus untuk para petani cabai di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini dibentuk guna memberikan kemudahan dalam pinjaman modal untuk usaha bercocok tanam.

Selain itu, di koperasi ini juga para petani cabai dapat dengan mudah dalam mendapatkan bibit cabai kualitas terbaik, pupuk dan keperluan bercocok tanam lainnya.

"Sebelum memulai menanam tanaman, petani bisa mendapatkan modal, bibit, pupuk dan lainnya melalui koperasi ini dan setelah panen nanti dikembalikan ke koperasi itu sendiri," katanya.

Menurut dia, selama musim kemarau tahun ini petani cabai di Ogan Komering Ulu Timur berhasil memanfaatkan lahan persawahan yang disulap menjadi lahan produktif untuk menanam cabai.

"Oleh karena itu pemerintah daerah sangat mendukung adanya inisiatif masyarakat dalam mengelola lahan persawahan untuk menanam palawija dan cabai ini," tegasnya.

Bahkan, lanjut dia, Pemkab Ogan Komering Ulu Timur melalui dinas terkait akan memberikan fasilitas dan dukungan terhadap petani-petani agar dapat mengembangkan tanaman cabai guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Pemerintah sangat mendukung dan akan memfasilitasi petani dalam bercocok tanam. Sebab, sudah terbukti walaupun kemarau petani tetap bisa melakukan panen cabai," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar