Sumsel raih emas nomor epee putra Kejurnas 2019

id anggar,atlet,pelatnas

Sumsel raih emas nomor epee putra Kejurnas 2019

Atlet anggar Sumsel meraih emas dan perak berfoto setelah menerima penyerahan medali pada Kejurnas pra kualifikasi PON XX di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (20/12/2019). (ANTARA/HO/19)

Palembang (ANTARA) - Atlet anggar Sumatera Selatan meraih medali emas nomor epee putra pada Kejuaraan Nasional pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional XX di Semarang, Jawa Tengah, Minggu.

Patracova Ferry Djambak meraih emas setelah mengalahkan rekan satu daerahnya Joneska Pitera Anggera dalam partai ketat “All Sumsel Final” yang berlangsung di GOR USM Semarang.

"Alhamdulillah bisa mencetak sejarah baru untuk Sumsel, medali emas di nomor epee, hasil latihan sdlama ini terbayar sudah," ujar Tata yang dihubungi dari Palembang.

Jones melenggang ke final setelah mengalahkan Ilham (DKI Jakarta) 15-7 di babak empat besar, sementara Tata menundukkan Wahyu (Jabar) di semi final dengan skor 15-8. Pada partai final, Tata mengalahkan seniornya dengan skor 15-10.

Sementara Jones mengaku bangga dengan prestasi yang sudah diraih. Meski harus puas dengan medali perak, atlet yang tercatat sebagai PNS Kemenpora ini menganggap prestasi Sumsel di nomor epee pada event ini patut diapresiasi.

"Untuk nomor epee memang selama ini kita kurang lawan tanding, dan minim kompetisi tapi itu semua tidak membuat kami lantas patah semangat buktinya malam ini kami bisa bertemu di final," kata Jones.

Dengan hasil ini, peta kekuatan anggar Sumatera Selatan kini semakin merata. Tidak hanya diunggulkan di nomor sabre, nomor epee pun patut untuk diperhitungkan dalam persaingan ditingkat nasional.

Pelatih Anggar Sumatera Selatan, Lukman Ahmady pun berharap hasil ini bisa menjadi pertimbangan PB IKASI untuk menempatkan atlet Sumsel di Pemusatan Latihan Nasional.

"Ini bukti bahwa kualitas atlet yang latihan di daerah juga bisa bersaing dengan atlet Pelatnas, selama sistem promosi/degradasi masih digunakan saya pikir tidak berlebihan bila mereka masuk dalam tim Pelatnas," kata Lukman.

Sumatera Selatan hingga saat ini berhasil mengoleksi 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu di Kejurnas Anggar 2019. Peluang medali masih terbuka dibeberapa nomor yang masih akan dipertandingkan masing-masing di nomor foil putra/putri senior, epee putri yunior dan senior, sabre putra beregu dan epee putra beregu.