Warga pedalaman harapkan Jokowi perhatikan akses jalan dan listrik

id Air bersih,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Warga pedalaman  harapkan Jokowi perhatikan akses jalan dan listrik

Warga sedang mengantre untuk mengisi air di Kabupaten Nagekeo, NTT. (Antara Foto/Kornelis Kaha)

Kupang (ANTARA) - Sejumlah warga di Desa Tedakisa, Kabupaten Nagekeo, daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T) mengharapkan agar di periode kepemimpinan Presiden Jokowi yang kedua infrastruktur di daerah itu dapat diperhatikan serta memerhatikan ketersediaan listrik.

"Hari ini Pak Jokowi dilantik menjadi Presiden untuk kedua kalinya. Satu hal yang kami harapkan agar Bapak Presiden bisa ke sini ke desa kami melihat infrastruktur di daerah ini yang sudah bertahun-tahun tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah, " kata Kepala Desa Tedakise, Kecamatan Aesesa, Ignasius Laki, kepada Antara di Desa Tedakise, Minggu.

Presiden Joko Widodo bersama wakilnya Maruf Amin akan dilantik pada pukul 14.00 WIB. Dengan dilantik, Jokowi resmi kembali menjadi Presiden untuk kedua kalinya.

Desa Tedakise adalah sebuah desa yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Kota Mbay, Ibu Kota Nagekeo. Akses transportsi ke desa tersebut sangat jarang akibat jalan yang berbatu-batu. Perjalanan menuju ke desa tersebut juga memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Menurut Ignasius yang sangat diperlukan oleh masyarakat di daerah 3T itu adalah jalan, listrik PLN serta air bersih yang tak bisa dinikmati oleh warga di desa tersebut.

"Selama ini kami hanya menggunakan PLTS saja, itupun hanya mampu menyala selama tiga jam dari pukul 18.00 wita hingga 21.00 wita," tambah dia.

Ssmentara kalau saat memasuki musim hujan, mulai dari Desember-April, tak bisa menyala lampunya karena mendung dan hujan sepanjang hari.

Kondisi yang sama juga, kata Ignasius, dialami juga oleh desa tetangga yakni Desa Tedamude yang juga tak memiliki akses jalan yang memadai, kesulitan air bersih dan juga listrik.

Sementara 10 desa dan enam kecamatan lain di kecamatan justru sudah memiliki akses jalan dan listrik yang memadai.

Iapun berharap agar pelaksanaan pelatinkan kedua pimpinan negara itu bisa berjalan dengan lancar.

"Kami masyarakat di sini mencintai pak Jokowi. Kami harapkan pelantikannya berjalan dengan baik, " tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar