Polda Metro Jaya siapkan tim motoris amankan Pelantikan Presiden

id Pelantikan presiden

Polda Metro Jaya siapkan  tim motoris amankan Pelantikan Presiden

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto (kanan) dalam latihan bersama Team Motoris Reserse atau Team Morres. (ANTARA/HO-Polda Metro Jaya)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) telah membentuk Team Motoris Reserse atau Team Morres dalam rangka persiapan pengamanan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Tim ini dibentuk oleh Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto sebagai tim dengan mobilitas tinggi untuk mengatasi pihak-pihak yang mencoba mengganggu jalannya Pelantikan Presiden.

"Tim dibentuk dalam rangka menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan menghadapi tindakan anarkis dari pelaku pelaku kerusuhan. Khususnya dalam rangka persiapan Pelantikan Presiden dan Wapres," kata Kombes Suyudi dalam keterangan tertulis, Sabtu.



Team Morres nantinya akan bekerja bersama sama dengan Team Bermotor Patra dari Sat Brimobda Polda Metro Jaya untuk bergerak cepat mengatasi gejala awal kericuhan yang sengaja dibuat oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Team Morres beranggotakan 30 personel yang terdiri dari gabungan personel Team Khusus Anti Bandit (TEKAB), Buru Sergap (Buser) dan personel Ditreskrimum lainnya.

Tim ini akan bergerak dengan 15 motor trail dan dilengkapi beberapa perlengkapan terbaik Polri.



Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan pihaknya sudah siap mengawal pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

"Pertama, saya sampaikan pada prinsipnya untuk pelantikan tanggal 20 besok, Polri sudah siap untuk mengamankan," kata Argo sebelumnya.

Upacara pelantikan itu akan dikawal oleh 31.000 personel gabungan dari unsur TNI-Polri yang akan disebar dalam tiga ring pengamanan.

Ring Satu adalah Gedung DPR yang menjadi tempat dilaksanakan upacara pelantikan dan pengamanannya  kewenangan penuh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sedangkan ring dua dan tiga adalah Gedung DPR dan wilayah sekitarnya yang akan dijaga oleh personel TNI dan Polri.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan skema pengamanan untuk para tamu dari negara sahabat yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.



Polda Metro Jaya juga menyiapkan tim khusus untuk mengawal tamu negara sahabat dalam perjalanan menuju lokasi pelantikan di Gedung DPR/MPR RI serta saat meninggalkan lokasi acara.